26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Upaya Penurunan Stunting, BKKBN Papua Barat Lakukan Pendataan Keluarga

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Papua Barat tengah melakukan pendataan bagi keluarga di 13 kabupaten/kota, 1 September hingga 31 oktober 2022.

    “Program pendataan keluarga dilaksanakan setiap lima tahun sekali,” kata Kepala BKKBN Perwakilan Papua Barat, Phillmona Maria Yarollo, saat forum koordinasi jurnalis di Kantor BKKBN Perwakilan Papua Barat, Jumat (23/9/2022).

    Baca juga:  Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Kaimana Papua Barat, Tak Berpotensi Tsunami

    Pendataan keluarga dilakukan dengan dua metode, yaitu melalui smartphone dan pengisian formulir. Saat ini pendataan dilakukan melalui smartphone sambil menunggu formulir dari pemerintah pusat.

    Phillmona mengatakan, BKKBN sudah membentuk tim di tiap kabupaten/kota untuk melakukan pendataan dan pendampingan. Sasaran pendataan keluarga sebanyak 235.541 keluarga dari total 331.846 keluarga sesuai data Program Keluarga Harapan (PKH) 2021.

    Baca juga:  Pangdam Kasuari Optimistis Masalah Stunting Bisa Diatasi

    Phillmona melanjutkan, penurunan stunting menjadi program prioritas di Papua barat sejak 2021. BKKBN pun diberi mandat untuk membentuk tim percepatan penurunan stunting.

    Tim melakukan pendampingan kepala sasaran penurunan stunting, yaitu calon pengantin, ibu hamil dan menyusui, anak pada masa 1.000 hari pertama kehidupan, untuk peningkatan mutu gizi.

    Baca juga:  Inflasi Papua Barat Sentuh 0,30%, Transportasi Udara Penyumbang Terbesar

    Namun demikian, Phillmona mengakui masih ada kendala yang ditemui di lapangan. Salah satunya kurangnya tenaga ahli. Saat ini BKKBN hanya memiliki 23 tenaga ahli yang sudah tersebar di kabupaten/kota.

    “Tenaga ahli adalah orang yang berperan penting untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat dalam upaya penurunan kasus stunting,” tuturnya. (LP8/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...