26.9 C
Manokwari
Jumat, April 19, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Pemprov Papua Barat Segera Realisasikan Kebun Sumber Bahan Pangan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat segera merealisasikan kebun sumber bahan pangan yang rencananya berlokasi di sekitar kawasan rumah jabatan Gubernur Papua Barat di Kampung Susweni, Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari.

    Kepala Dinas Tahanan Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Papua Barat, Yakob S. Fonataba, mengatakan hal ini dilakukan memperhatikan arahan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), tentang perkembangan kondisi keamanan dunia dan kecenderungan krisis bahan pangan.

    Baca juga:  78 Siswa Diktuk Bintara Polda Papua Barat Jalani Vaksinasi Dosis Kedua

    Hal ini diakibatkan dampak peran dan perubahan iklim, maka perlu dilakukan antisipasi yang tujuannya Ikut menjaga stabilitas stok/suplai bahan pangan.

    “Semua pimpinan dan staf organisasi perangkat daerah (OPD) untuk ikut melakukan kegiatan budi daya tanaman bahan pangan, yang lokasinya dipusatkan pada lokasi di sekitar kawasan perumahan/kediaman Gubernur Papua Barat,” kata Yakob usai apel pagi di Kantor Gubernur Papua Barat, Senin (3/10/2022).

    Baca juga:  Ingin Perekrutan Serentak dengan MRP, MRPB Usul Perpanjangan Masa Jabatan

    Kata dia, komoditas yang akan dikembangkan adalah hortikultura, seperti cabai, tomat, kacang panjang, hingga terong. Selain itu, juga komoditi tanaman pangan, seperti jagung, keladi, ubi jalar (petatas), dan ubi kayu (kasbi). Luas lahan yang dipersiapkan untuk perkebunan sekitar 43 hektare.

    Baca juga:  Pemkab Wondama Desak Pemprov PB Terbitkan Juknis Pemilihan DPRK Jalur Otsus

    “Tanggung jawab masing-masing OPD, yakni pembersihan lahan (babat, garu, olah tanah, dan buat bedengan). Penyiapan benih/bibit yang sesuai kondisi lahan. Pemeliharaan sesuai umur tanaman (pemupukan, pengendalian hama/penyakit, dan menyiang),” terangnya.

    Hal-hal teknis yang berkaitan dengan teknologi budi daya tanaman, kata dia, dapat dikonsultasikan pada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Papua Barat. (LP9/Red)

    Latest articles

    Yayasan Kasih Rumbai Koteka Apresiasi Dukungan Kapolda PB di Bidang Pendidikan

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Kasih Rumbai Koteka Yohanis Manibui, mengapresiasi dukungan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Jhonny E...

    More like this

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...

    Forkoda PP DOB Minta Calon Kepala Daerah di Tanah Papua Wajib Tes DNA

    JAKARTA, linkpapua.com - Ketua Forum Komunikasi Daerah untuk Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkoda...

    KPU Gelar Rapat, Bahas Tahapan Pilkada Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- KPU Papua Barat menggelar rapat koordinasi bersama seluruh komisioner KPU kabupaten se-Papua Barat...