Rabu, September 22, 2021
25.9 C
Manokwari
25.9 C
Manokwari
Rabu, September 22, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

140,954
Total Kematian
Updated on Wednesday, 22 September 2021, 21:23 9:23 pm
49,662
Total Kasus Aktif
Updated on Wednesday, 22 September 2021, 21:23 9:23 pm
4,198,678
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Wednesday, 22 September 2021, 21:23 9:23 pm

Vaksinasi Sambut HUT Ke-76 RI, Pangdam Kasuari: Kita Harus Merdeka dari Covid-19

MANOKWARI, Linkpapua.com- Kodam XVIII/Kasuari menggelar vaksinasi massal dalam menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia.

Pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 bertajuk Gebyar Vaksinasi Merah Putih ini dipusatkan di Gereja Petrus Amban, Kamis (12/8/2021).

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen Nyoman Cantiasa, mengungkapkan dengan momentum perayaan HUT Ke-76 RI,  Indonesia harus merdeka dari Covid-19.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini karena kita harus merdeka dari Covid-19. Organisasi kesehatan dunia sudah menyampaikan semua negara harus melaksanakan vaksinasi,” kata Pangdam.

Di Jakarta, kata Pangdam, angka Covid-19 perlahan sudah menurun karena terbentuk herd immunity sehingga perlu partisipasi semua pihak termasuk masyarakat. Negara-negara di dunia juga sedang berlomba-lomba melakukan vaksinasi.

“Vaksinasi kali ini juga menyasar pelaku ekonomi karena dari data sektor ekonomi paling sering melanggar protokol kesehatan, seperti PKL, restoran, dan pedagang asongan,” ungkap Pangdam.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan agar masyarakat tidak termakan informasi hoaks tentang vaksin. Sehingga masyarakat diminta tidak percaya karena ada pihak-pihak yang sengaja menghembuskan informasi itu karena pemerintah tidak mungkin mencelakakan rakyatnya.

Sementara itu, Bupati Manokwari, Hermus Indou yang juga hadir mengaku HUT kemerdekaan merupakan momentum yang tepat bagi semua pihak melawan Covid-19.

“Jangan membanggakan negara lain karena sejak integrasi Papua ke NKRI sudah banyak hal yang dibuat oleh pemerintah untuk masyarakat. Selama ini TNI-Polri selalu memberikan dukungan positif ke pemerintah karena pemda tidak bisa berjuang sendiri menghadapi Covid-19,” ujar Hermus.

Dalam kesempatan tersebut masyarakat yang sudah divaksin mendapatkan pin sebagai tanda sudah melaksanakan vaksinasi. Selain itu, bagi PKL yang sudah divaksin juga mendapatkan stiker sebagai bukti telah menjalani vaksinasi. Masyarakat yang hadir juga mendapatkan bahan makanan usai divaksin.

Agustinus, salah satu warga yang divaksin mengaku lega karena telah menjalani vaksinasi meski baru tahap pertama. Dirinya mengaku sebelumnya belum mau divaksin karena termakan isu hoaks yang disebarkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab tentang dampak buruk yang ditimbulkan akibat vaksin.

“Orang-orang bilang kalau kita vaksin bisa mati. Tapi saya lihat banyak yang sudah vaksin tidak apa-apa. Semoga saya bisa tetap sehat dan datang kembali untuk vaksin tahap dia nanti,” kata Agustinus. (LP3/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here