Rabu, Desember 7, 2022
25.4 C
Manokwari
25.4 C
Manokwari
Rabu, Desember 7, 2022

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

Pimpin Upacara Penutupan Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Afirmasi Otsus, Ini Pesan Kapolres Mansel

MANSEL, linkpapua.com – Kapolres Manokwari Selatan AKBP AKBP Tolopan T. Simanjuntak memimpin upacara penutupan tradisi pembaretan 121 bintara remaja Afirmasi Otsus Angkatan Angkatan ke 46/50 Nagendra Ghajashora, Kamis (8/9/22).

Acara ditandai penyiraman air kembang dilanjutkan mengenakan Baret kepada perwakilan peserta Polki dan Polwan oleh Kapolres dan Ketua Bhayangkari Cabang Manokwari Selatan, Ratna Tolopan. Hal ini sebagai tanda anggota Sabhara ini sudah dinyatakan layak untuk menggunakan baret kebanggan Satuan Sabhara Polri Polres Manokwari Selatan Polda Papua Barat.

Rangkain Tradisi Pembaretan mengambil titik awal di pantai Momi Distrik Momiwaren, dilanjutkan kegiatan orientasi ke Rindam XVIII Kasuari, dan berakhir di Distrik Ransiki lewat Upacara Penutupan tradisi Pembaretan yang berlangsung di Mako Polres Manokwari Selatan. Dalam giat tradisi ini para bintara menampilkan permainan halang rintang, peningkatan kekuatan fisik dan uji ketangkasan.

Dalam arahannya, Kapolres memberi apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan pembaretan 121 bintara remaja Afirmasi Otsus Angkatan 46/50 ini.

” Lewat kegiatan ini, saya nyatakan bahwa anda -anda yang dihadapan saya ini sudah berhak untuk menggunakan Baret Sabhara. Tanamkan kebanggaan dalam diri kalian, jaga baret ini dengan sebaik baiknya,” tegas Kapolres.

Baca juga:  Soal Kerusakan Jalan Isim, Polres Mansel Cium Indikasi Pidana

“Tugas pokok kalian memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, kemudian melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, serta penegakan hukum. Ini adalah tugas yang mulia, jadi laksanakan dengan sebaik-baiknya,” lanjut Kapolres.

Baca juga:  Sempat Palang Jalur Trans-Papua Barat, Puluhan Casis Akhirnya Bersedia Dialog

Tolopan Simanjuntak juga mengingatkan, seluruh bintara remaja yang sudah menjadi Anggota Polri, harus menjadi teladan bagi masyarakat, juga sebagai abdi utama masyarakat, nusa, dan bangsa. Tak lupa Kapolres mengingatkan bahwa tantangan tugas Polri ke depan semakin kompleks dan tinggi.

“Saya minta bintara remaja tidak hanya menjadi anggota Polri yang apa adanya, namun anggota Polri yang betul-betul mampu secara fisik dan mental maupun memiliki pengetahuan dan wawasan yang tinggi,” tuturnya memotivasi.

Kapolres berharap, seluruh bintara remaja Afirmasi Otsus ini harus menjaga diri dan etika, serta menghindari kesalahan dan pelanggaran sekecil apapun yang bisa merugikan institusi Polri.

“Jadilah polisi yang betul-betul Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan), serta polisi yang betul-betul memang dikehendaki oleh pimpinan dan masyarakat”, pungkas Kapolres.

Turut hadir pada upacara penutupan tradisi pembaretan tersebut, yakni Wakapolres Manokwari Selatan Kompol Alexander Putra, Para PJU Polres Manokwari Selatan, Pengurus Bhayangkari, Bintara senior, serta 121 Bintara Remaja Afirmasi Otsus Papua Barat angkatan 46 / 50 . (Rls/*) 

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here