Jumat, September 17, 2021
26.2 C
Manokwari
26.2 C
Manokwari
Jumat, September 17, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

140,138
Total Kematian
Updated on Friday, 17 September 2021, 22:05 10:05 pm
68,942
Total Kasus Aktif
Updated on Friday, 17 September 2021, 22:05 10:05 pm
4,185,144
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Friday, 17 September 2021, 22:05 10:05 pm

Muswil III Korps Almuni, Bupati Manokwari : KAHMI Harus Lebih Bersinergi dengan Pemprov dan Pemkab

MANOKWARI, Linkpapua.com-Tifa Pembukaan Musyawarah Wilayah III Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Papua Barat ditabuh, sebagai tanda dimulainya Musyawarah, Sabtu (14/8/2021).

Muswil III KAHMI Papua Barat mengusung tema gelorakan semangat Intelektual KAHMI dalam mewujudkan Pembangunan berkelanjutan menuju Masyarakat Madani.

Musyawarah Wilayah III KAHMI Papua Barat dibuka oleh Gubernur Papua Barat yang diwakilkan kepada Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Muhamad Tawakal. Konferensi dibuka dengan menghadirkan peserta baik secara offline maupun online melalui Meeting Zoom.

Turut hadir dalam Musyawarah KAHMI Papua Barat,  secara online Penasehat Presidium KAHMI Nasional, Ir. Akbar Tandjung,  Presidium KAHMI Nasional Viva Yoga Muladi,  Wakil Ketua DPRD Papua Barat, Saleh Seknun yang juga merupakan Presidium KAHMI Papua Barat dan peserta dari Majelis Daerah KAHMI di seantero Papua Barat.

“Kita semua berharap bahwa, KAHMI sebagai perekat kekuatan Umat harus benar-benar bertanggung jawab untuk melanjutkan pengabdiannya yaitu menjadikan Islam sebagai nilai keyakinan dan sejalan dengan nilai Ke Indonesiaan” kata Presidium KAHMI Nasional, Viva Yoga Muladi.

“Bagi Korps Alumni HMI, tidak ada pertentangan antara Islam dan Indonesia. Islam yang toleran dan mengembangkan moderasi” ujarnya lagi.

Viva berpesan bahwa tugas KAHMI saat ini adalah menjaga kekompakan internal, menjadikan KAHMI sebagai forum kekeluargaan, Intelektualitas dan saling menolong, saling mendorong dalam kebaikan Fastabiqul Hoirat.

“Bersama-sama dengan Pemerintah Daerah harus bekerja sama dalam rangka untuk memberikan kebaikan bagi umat dan Bangsa, terutama di Provinsi Papua Barat” jelasnya.

Mewakili Gubernur Papua Barat, Muhamad Tawakal saat menyampaikan sambutan Gubernur, berharap KAHMI dalam program kerja Organisasi agar bisa dapat bersinergi dengan Pemerintah Papua Barat dan juga Pemerintah Daerah di Wilayah Papua Barat.

“Sehingga Pembangunan kita ke depan akan berkembang lebih cepat” kata Muhamad Tawakal.

Dia mengingatkan bahwa, Kondisi pandemi Covid-19 melanda dunia saat ini tidak terkecuali di Papua Barat maka selaku Gubernur, mengajak semua elemen Masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dan Peraturan yang dikeluarkan Pemerintah.

Bupati Manokwari Hermus Indou juga turut hadir secara ofline dalam acara Pembukaan Muswil tersebut mengatakan, eksistensi KAHMI  Papua Barat harus ditingkatkan agar bisa bersinergi dengan Ormas-ormas lain

Baca juga:  14 Agustus, Muswil III KAHMI Papua Barat Akan Dilaksanakan secara Hybrid

“Program-program KAHMI diharapkan dapat bersinergi dengan Seluruh Ormas Islam tetapi juga Pemerintah Daerah Papua Barat, tetapi juga Pemerintah Kabupaten Manokwari” kata Hermus Indou.

Bupati Manokwari menyebutkan bahwa tema yang diusung dalam Muswil III KAHMI Papua Barat saat ini sangat relevan, dimana ia menyoroti dua hal penting dalam tema tersebut.

“Ada dua hal penting yang saya soroti disini, adalah  terkait dengan pembangunan berkelanjutan dan Masyarakat Modern” kata Hermus Indou.

Pembangunan berkelanjutan adalah, pembangunan yang dilaksanakan oleh satu generasi tertentu dalam periodesasi tertentu dan diwariskan kepada Generasi berikut untuk dilanjutkan.

“Pembangunan berkelanjutan tentu memperhatikan aspek keseimbangan, tidak hanya kita membangun secara Jasmani tetapi harus diseimbangkan dengan pembangunan Rohani, begitu juga aspek sosial, ekonomi dan sebagainya” tutur Bupati.

Menurutnya, Masyarakat modern terdapat tiga hal, yang pertama Masyarakat yang mengalami transformasi dari waktu ke wakti, kemudian mengalami pertumbuhan dan peningkatan dalam sebuah aspek Pembangunan, baik pendidikan, ekonomi, kesehatan dan aspek lainya.

“Yang paling penting bagi saya Masyarakat modern adalah Masyarakat yang pro terhadap perubahan, kita mampu beradaptasi dengan perubahan hari terutama di era teknologi” jelas Bupati Hermus Indou.

Muswil KAHMI Papua Barat, didukung oleh berbagai pihak, dari segi Anggaran Pemerintah Papua Barat menggelontorkan Rp 400 Juta ditambah dengan sumbangan dari Wakil Ketua DPRD Papua Barat sebanyak Rp 50 Juta dan dukungan suka rela dari Pengurus KAHMI yang mencapai Rp11 Juta.

“Terima kasih Gubernur Papua Barat atas dukungan anggaran yang diberikan, tetapi juga dukungan dari Wakil Ketua DPRD Papua Barat yang juga selaku Alumni HMI serta doa dukungan dari segenap insan hijau hitam di Papua Barat atas kontribusi dalam mensukseskan Muswil III ini” kata Ketua Panitia Muswil KAHMI Papua Barat, Usman Puasa, S. Sos, S. Ag.

Selain pembukaan, Muswil III KAHMI Papua Barat akan digelar sejumlah agenda Musyawarah untuk menentukan arah masa depan organisasi tersebut, kemudian memilih Majelis Wilayah Papua Barat yang baru.(LP2/red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here