26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Lepas Kontingen Jambore Nasional XI, Waterpauw: Harumkan Kwarda Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, resmi melepas kontingen Jambore Nasional (Jamnas) XI 2022 Gerakan Pramuka Papua Barat Kwartir Daerah (Kwarda), Sabtu (6/8/2022).

    Waterpauw mengungkapkan Gerakan Pramuka merupakan wadah pembinaan yang dipercayakan pemerintah sehingga harus mampu meningkatkan ilmu keterampilan, ilmu pengetahuan, ketangkasan, disiplin, kuat fisik, dan mental.

    Dia berharap seluruh kontingen yang berangkat ke depan dapat menjadi generasi muda tangguh, yang kelak menjadi penerus dalam mengemban cita-cita dan perjuangan bangsa, serta setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

    Baca juga:  DPR Papua Barat Targetkan Penetapan RAPBD 2024 21 November

    “Jambore Nasional adalah sebuah acara pendidikan anak bangsa yang sangat penting. Di mana mempertemukan seluruh anak bangsa dari seluruh penjuru Indonesia. Oleh sebab itu, Adik-Adik harus dapat berkegiatan dengan damai bersahabat,” paparnya.

    Menurut dia, yang tergabung dalam kontingen adalah pilihan dari masing-masing cabang. Dirinya pun berpesan untuk menjaga nama baik daerah.

    Baca juga:  Waterpauw Dikukuhkan sebagai Anak Adat dan Sesepuh Kuri Wamesa

    “Ingat, Jambore Nasional seperti ini, tidak akan terulang untuk ke dua kalinya bagi Adik-Adik. Pesan Kakak, jaga semangat kebersamaan, kekompakan tim dan regu, untuk mengharumkan nama baik pribadi, keluarga, dan juga Papua Barat,” pesannya.

    Sementara, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Papua Barat, Mohamad Lakotani, menyampaikan Jambore Nasional bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan serta rasa kebanggaan yang berbhineka sebagai manusia yang beriman dan berjiwa Pancasila.

    Baca juga:  Banyak Hambatan, Ekonomi Papua Barat Diprediksi Tetap Tumbuh di 2023

    “Peserta yang tergabung dalam kontingen Kwarda Gerakan Pramuka Papua Barat, berjumlah 208 orang peserta dan 26 orang pembina pendamping, yang berasal dari 13 Kwartir Cabang se-Provinsi Papua Barat,” jelasnya.

    Kontingen akan mengikuti kegiatan dijadwalkan mulai 14-21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur Jakarta Timur. (LP9/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...