26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Kapolres Manokwari Minta Masyarakat Tak Takut Laporkan Kasus Pelecehan Seksual

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kepolisian meminta kepada masyarakat atau korban pelecehan anak di bawah umur untuk tidak takut melaporkannya ke pihak berwajib. Ini seiring angka pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur yang cukup tinggi.

    “Masyarakat ataupun korban harus berani melapor ke kepolisian, jika mengetahui atau menjadi korban pelecehan seksual, baik itu secara verbal maupun nonverbal. Jangan khawatir jika dilakukan pengancaman karena akan ada perlindungan. Laporan bisa dilaporkan ke unit terdekat termasuk polsek,” ujar Kapolres Manokwari, AKBP Parasian Herman Gultom, Senin (1/8/2022).

    Baca juga:  Kolaborasi BKPRMI Manokwari dan Pemuda Hidayatullah Papua Barat Gelar Tarhib Sambut Ramadhan

    Gultom mengatakan akan memerintahkan seluruh jajaran di Polres Manokwari menindaklanjuti tiap laporan atau informasi yang disampaikan masyarakat.

    “Memang selama ini ada kekhawatiran dari korban pelecehan berkaitan dengan adat dan budaya. Begitu juga dengan kasus kekerasan dalam rumah tangga. Korban perlu terbuka menyampaikan apa yang dialaminya agar bisa ada proses hukum dari pihak kepolisian,” tambah Gultom.

    Baca juga:  Kapolres Manokwari di HUT Bhayangkara: Polisi Tak Bisa Bekerja Sendirian

    Dari unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Manokwari terdapat belasan laporan terkait dengan pelecehan anal di bawah umur maupun kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Terbaru, seorang ayah yang tega mencabuli anak kandungnya diringkus.

    Baca juga:  Polisi Bongkar Jaringan Begal Manokwari, 8 Sepeda Motor Diamankan

    Meskipun pelaku pelecehan, pencabulan, dan KDRT terancam hukuman berat, insiden tersebut masih sering terjadi. Sejumlah faktor diduga menjadi penyebab, di antaranya karena pelaku di bawah pengaruh minuman keras (miras). (LP3/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...

    Antisipasi Kepadatan Arus Balik, 3 Pos Pengamanan Diaktifkan di Kota Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Aparat menempatkan tiga pos pengamanan di dalam Kota Manokwari untuk mengantisipasi kepadatan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...