26.9 C
Manokwari
Jumat, April 19, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    KPU Manokwari Ingatkan Parpol Perhatikan Data Sipol

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari dalam pelaksanaan sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 yang digelar, Sabtu (30/7/2022), mengingatkan partai politik (parpol) agar data yang ada sesuai dengan data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

    “Saat ini tahapan pemilu masuk dalam pengumuman pendaftaran. Untuk verifikasi administrasi terpusat di KPU RI, setelah itu baru dilakukan verifikasi faktual oleh KPU di daerah. Dalam verifikasi faktual data di lapangan harus sesuai dengan data yang ada di dalam Sipol. Jika tidak sesuai, maka KPU akan ditandai belum memenuhi syarat,” ujar Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe.

    Baca juga:  STIH Wisuda 206 Mahasiswa, Terdiri Dari 3 Jurusan

    Dia berharap agar tiap parpol dapat memahami setiap aturan dalam PKPU agar partai tidak mengalami kesulitan dalam pelaksanaan verifikasi faktual (verfak).

    Baca juga:  Bupati Markus Waran Harap Tak Ada Pemungutan Suara Ulang di Mansel

    Sementara, Komisioner KPU Manokwari, Fahry Rafly, menjelaskan pengumuman partai peserta pemilu akan disampaikan secara nasional pada 14 Desember 2022. Jika ada yang belum memenuhi syarat, maka parpol memiliki waktu perbaikan 24 November hingga 7 Desember.

    Selain itu, disampaikan bahwa verfak keanggotaan parpol paling sedikit 1.000 orang dari jumlah penduduk. Dengan hitungan itu, tiap parpol di Manokwari wajib memiliki keanggotaan minimal 192 orang. Tentunya, keanggotaan tersebut bukan merupakan anggota TNI-Polri, ASN, kepala kampung maupun karyawan BUMN/BUMD.

    Baca juga:  KPU Beri Waktu Smart Lengkapi Berkas Surat Tanda Bukti Tidak Memiliki Tunggakan Pajak

    Pelaksanaan sosialisasi PKPU ini dihadiri oleh sebagian besar pengurus parpol yang telah menyampaikan laporan ke Kesbangpol Manokwari. (LP3/Red)

    Latest articles

    Yayasan Kasih Rumbai Koteka Apresiasi Dukungan Kapolda PB di Bidang Pendidikan

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Kasih Rumbai Koteka Yohanis Manibui, mengapresiasi dukungan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Jhonny E...

    More like this

    Sambut HUT Dekranasda ke 44, Puluhan Peserta Meriahkan Pameran UMKM 

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam memeriahkan HUT Dewan Kesenian Daerah (Dekranasda) ke 44, Dekranasda Manokwari menggelar...

    Bupati Manokwari Tinjau Pelaksanaan UAS di 2 Sekolah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou meninjau pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) bagi siswa...

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...