Jumat, Desember 2, 2022
26.5 C
Manokwari
26.5 C
Manokwari
Jumat, Desember 2, 2022

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

Panen Jagung di Aimas, Pemprov PB Ajak Seluruh Pihak Jaga Stabilitas Ketahanan Pangan

SORONG, Linkpapua.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat bersama Kelompok Tani Milenial Papua Muda Inspiratif Kabupaten Sorong melaksanakan panen jagung yang berlokasi pada kebun Tani Klalufu, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Kamis (11/8/2022).

Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, melalui Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Melkias Werinussa, mengatakan potensi lahan pertanian di Papua Barat seluas 2,8 juta hektare.

Dengan lahan seluas itu, kata dia, masyarakat seyogyanya dapat merencanakan program dan kegiatan pembangunan pertanian berkelanjutan dengan tetap menjaga kelestarian alam. Hal ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna mengantisipasi ketersediaan pangan dan menyiapkan bahan baku bagi industri.

“Pada kesempatan ini pemerintah mengimbau kepada semua pihak agar melakukan berbagai kegiatan antisipasi untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan dan perekonomian di Papua Barat. Peran dan fungsi sektor pertanian sangat diandalkan karena menjadi sumber penyedia bahan makanan,” tuturnya.

Baca juga:  Pj Gubernur Papua Barat Ingatkan Pemanfaatan Lahan Kosong di HUT Bhayangkara
Baca juga:  DPR Papua Barat Tetapkan APBD Perubahan 2022 Defisit Rp1,1 Triliun

Pemerintah pun mengapresiasi para petani, petugas/penyuluh pertanian, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong, yang telah memberikan perhatian. Diharapkan keberhasilan ini dapat menjadi model budi daya tanaman jagung yang baik untuk direplikasi pengembangannya ke daerah lain.

Jagung dinilai sebagai komoditas strategis setelah padi. Selain untuk konsumsi juga dapat menjadi bahan baku Industri pakan ternak.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat juga telah membangun industri pakan ternak mini di Kabupaten Sorong yang dapat dimanfaatkan demi kesejahteraan masyarakat. (LP9/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here