29 C
Manokwari
Minggu, Desember 10, 2023
29 C
Manokwari
More

    Ketua DPR Papua Barat Minta OAP Lebih Dilibatkan dalam Pengerjaan Proyek

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua Barat, Orgenes Wonggor, meminta agar pekerjaan proyek di Bumi Kasuari mesti melibatkan orang asli Papua (OAP).

    Permintaan Orgenes itu bukan saja di bidang pemerintahan, tetapi semua bidang termasuk pekerjaan kontraktor yang bersumber dari APBN serta APBD provinsi dan kabupaten/kota.

    “Misalnya, orang paku seng, atur mobil keluar masuk, kenapa orang dari luar yang masuk? Kenapa tidak orang asli Papua untuk kerja itu? Nanti ada kecemburuan,” kata Orgenes kepada awak media, Kamis (11/8/2022).

    Politisi dari Partaui Golkar ini menyoroti sejumlah proyek multiyears di Papua Barat yang para pekerjannya tidak melibatkan OAP. Padahal, ada pekerjaan yang sesungguhnya bisa dikerjakan OAP.

    Baca juga:  Reses Anggota DPR PB: Lebaran Bersama Casis Polri Hingga Safari Ketupat

    Hanya, pihak ketiga yang mengerjakan proyek tersebut mendatangkan pekerjaan dari luar Papua Barat. Hal itu bertolak belakang dengan komitmen pihak ketiga yang menyampaikan akan mempekerjakan OAP.

    “Kasihlah ke orang Papua supaya mereka merasa memiliki pemerintahan ini, rasa memiliki daerah Papua Barat dan kabupaten/kota serta negara ini,” ucap Orgenes.

    Orgenes mencontohkan pekerjaan pembangunan Bandara Rendani. OAP hanya sebagai penonton, padahal ada pekerjaan yang mudah dan bisa dikerjakan OAP.

    “Artinya, kerja yang tidak bisa dikerjakan orang Papua, ya, bisa dikerjakan orang yang memiliki skill di bidangnya dari luar Papua,” ujarnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Forkopimda Teluk Bintuni Satu Suara: Wujudkan Pemilu Damai 2024

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Badan Kesbangpol Pemkab Teluk Bintuni menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024 di GSG Bintuni, Sabtu (9/12/2023). Di momentum ini, Forkopimda berkomitmen mewujudkan Pemilu...

    More like this

    Polda Papua Barat Asistensi OMB di Polres Teluk Wondama Persiapan Pengamanan Pemilu 2024

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Polda Papua Barat melakukan asistensi Operasi Mantap Brata (OMB) ke Polres...

    Penelitian Yayasan Kitong Bisa di Raja Ampat: Petakan Ekososial, Selamatkan Lingkungan

    RAJA AMPAT, LinkPapua.com – Yayasan Kitong Bisa memaparkan hasil penelitian mengenai pemetaan sosial ekonomi...

    Kanwil DJPb Papua Barat Dukung UMKM dengan Bazar dan Lomba Olahraga

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Provinsi...