25 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
25 C
Manokwari
More

    Investor Enggan ke Papua Barat, Waterpauw: Ayo Buka Diri, Jangan Main Palang

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw meminta agar masyarakat belajar membuka diri untuk merangsang investasi di Papua Barat. Faktor keamanan disebut masih menjadi penghambat masuknya investor ke daerah ini.

    “Karena itu kita perlu mendorong masyarakat agar membuka diri. Masuknya investor akan meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) dan itu akan berimbas pada kenaikan tingkat kesejahteraan,” ujar Waterpauw pada apel Jumat (3/3/2023).

    Baca juga:  Hari Batik Nasional, Waterpauw dan Istri Jajal Catwalk Istana dengan Batik Kasuari

    Dia mengungkapkan, keran ekonomi baru Papua Barat telah dibuka pemerintah. Salah satunya setelah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ditetapkan di wilayah Sorong Kabupaten.

    Kata Waterpauw, KEK memberi dampak kolektif. Karena secara langsung melibatkan pemerintah. Berbeda dengan kawasan industri khusus (KIK), di mana seluruhnya menjadi domain swasta.

    “Kita harus bisa meyakinkan para investor swasta yang murni memasukkan atau menanam investasinya di tanah ini. Gejala paling tidak mengenakkan itu adalah komplain dari pemilik hak ulayat. Mungkin balok palang itu bisa mengakibatkan mundurnya para investor,” ketusnya.

    Baca juga:  Momentum HUT Ke-124 Kota Manokwari, Waterpauw Ajak Masyarakat Jaga Semangat Gotong Royong

    Menurut dia, ekonomi Papua Barat tidak bisa bergerak dinamis karena masih minimnya investasi. Untuk merangsang masuknya para investor, peran masyarakat sangat menentukan

    “Sikap membuka diri itulah yang kita butuhkan agar investor mau menanamkan modalnya.
    Mohon dengan sangat saya mengimbau kepada saudara yang juga merupakan anak adat kasih tahu sama orang tua semua di tanah Papua Barat ini Kalau mau maju buka diri. Jangan palang lahan itu, bicarakan yang baik dan pemerintah kita siap memfasilitasi,” paparnya.

    Baca juga:  Papua Barat Inflasi 1,11 Persen Juli 2022, Transportasi Penyumbang Terbesar

    Waterpauw menjelaskan, Papua Barat memiliki sumber daya alam melimpah. Namun semua itu tidak akan menghadirkan kesejahteraan jika tidak dieksplorasi dengan baik. (LP9/Red)

    Latest articles

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi...

    0
    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang beredar di Istana, ada dua pos menteri yang akan dirotasi, Yakni...

    More like this

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...

    Sastrawan Pulo Lasman Simanjuntak Tulis Puisi untuk Presiden RI Terpilih

    JAKARTA, linkpapua.com- Penyair dan sastrawan, Pulo Lasman Simanjuntak menulis syair untuk Presiden RI terpilih...