25.8 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Penjaringan Komisioner KPU di 7 kabupaten di Papua Barat Resmi Dibuka

    Published on

    Manokwari, LinkPapua.com– Tim seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk 7 kabupaten di Papua Barat yaitu Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Kaimana, Fak-Fak, Teluk Wondama dan Teluk Bintuni  resmi membuka pendaftaran. Pada konfrensi pers yang digelar oleh tim seleksi pada Minggu malam (19/3/2023), tim seleksi menyampaikan sejumlah persyaratan bagi pendaftar.

    Ketua tim seleksi La Ode Alisyah menjelaskan tim seleksi yang dibentuk sebagai legal standing dalam tahan seleksi calon anggota KPU di kabupaten di Papua Barat.” Ada 15 tahapan seleksi sejak pembukaan pendaftaran hingga penyampaian nama calon anggota KPU kabupaten yang dinyatakan lolos pada 5-7 Mei,”ujarnya.

    Baca juga:  Pemerintah Kampung Se-Raja Ampat Tingkatkan Layanan Administrasi-Layanan dengan e-Swa Desa

    Sejumlah persyaratan umum yang wajib dipenuhi oleh pendaftar diantaranya tidak terlibat dalam keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 tahun pada saat mendaftar sebagai calon, bersedia mengundurkan diri dari ormas apabila terpilih menjadi anggota KPU yang dibuktikan dengan surat pernyataan. Calon pendaftar juga wajib mengurus surat keterangan dari Pengadilan Negeri yang menerangkan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap. Para peserta juga akan mengikuti sejumlah tes tertulis dan tes psikologi, tes kesehatan dan wawancara.

    Baca juga:  Kodim Mansel Sampaikan Maaf ke Wartawan, Akui Anggotanya Keliru

    Anggota tim seleksi Novalin Margaretha juga menjelaskan tentang setiap pendaftar wajib mengajukan pendaftaran melalui akun Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc (Siakba). “ Untuk formulir pendaftaran tersedia di Siakba, sehingga setiap pendaftar wajib membuat akunnya di Siakba ini. Ini juga memudahkan bagi daerah yang jauh dari sekretariat KPU maupun sekretariat tim seleksi sehingga berkas-berkasnya bisa diunggah di akun Siakba. Jika dalam proses menyiapkan berkas pendaftaran, peserta juga dapat menghubungi help desk KPU masing-masing kabupaten,”jelas dia.

    Baca juga:  Pesan Dominggus ke Wabup Markus Jitmau: Bekerjalah untuk Rakyat

    Selain itu, dalam proses seleksi ini juga mengatur tentang 30 persen bagi kuota perempuan. Dalam proses akhir nantinya tim seleksi akan mengajukan 10 nama ke KPU RI untuk selanjutnya dipilih 5 orang yang akan dilantik menjadi anggota KPU.(LP3/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119 jadi 1.203

    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua...

    Partai Golkar Bantah Soal Dugaan Pelanggaran Pemilu di Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Adanya tuduhan terhadap DPD Partai Golkar Papua Barat yang akan melakukan intervensi...

    Persiapan PSU, Ketua KPU Manokwari Lantik KPPS di 7 TPS

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Christin.R. Rumkabu melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan...