25.8 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Wabup Bintuni Bicara Figur Calon MRPB: Harus Mewakili Hak-hak Rakyat

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com – Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop secara resmi melantik panitia pemilihan dan pengawas pemilihan anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) Kabupaten Teluk Bintuni periode 2023-2028. Pelantikan berlangsung di Gedung Sasana Karya SP 3, Distrik Manimeri, Jumat (31/3/2023).

    Matret Kokop berharap panitia pemilihan anggota MRPB Kabupaten Teluk Bintuni yang baru saja dilantik, mampu menjaga proses pemilihan dalam bingkai demokrasi.

    Baca juga:  Distribusi Hewan Kurban Pemkab Teluk Bintuni, 54 Sapi Diberikan ke Berbagai Distrik

    “Mengingat pentingnya MRPB sebagai lembaga pemerintahan khusus yang menjadi representasi kultural Orang Asli Papua (OAP), pemilihan anggota majelis rakyat Papua Barat Periode 2023-2028 merupakan sebuah agenda penting yang menjadi tanggung jawab panitia pemilihan dan pengawas,” ungkap Matret.

    Lebih lanjut diungkapkan Matret, untuk mewujudkan cita-cita besar pembangunan masyarakat Papua dan Papua Barat, maka perlu dipastikan bahwa pemilihan anggota MRPB dari wakil adat, adalah orang-orang terpercaya yang dapat memperjuangkan hak-hak masyarakat Papua.

    Baca juga:  Sherly, IRT Korban KDRT Positif Trauma, Patrix: Stop Kriminalisasi, Dahulukan Perlindungan

    “Panitia dan pengawas pemilihan MRPB di Kabupaten Teluk Bintuni, agar melaksanakan tugas dan wewenang sesuai dengan Perda Provinsi Papua Barat Nomor 8 Tahun 2022 tentang tata cara pemilihan anggota MRPB,” ujar Matret.

    Sambungnya, pemilihan anggota MRPB ini merupakan pesta demokrasi bagi masyarakat Papua. Oleh sebab itu ia mengingatkan kepada panitia dan pengawas pemilihan agar bertindak jujur dan adil kepada semua calon anggota.

    Baca juga:  Upayakan Anggaran Pembayaran Paket Masyarakat, BPKAD Teluk Bintuni Minta Bersabar

    Matret Kokop juga mengimbau kepada
    pemerintah daerah, TNI-Polri, seluruh tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh perempuan agar bersinergi bersama menyukseskan gelaran tersebut.

    “Mari kita hadir untuk memperkuat, bukan
    memperlemah. Mari kita hadir untuk menyatukan semangat dan tekad untuk tanah Papua yang lebih baik,” imbuhnya. (LP5/red) 

    Latest articles

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    0
    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024). Ada dua kursi menteri yang akan bergeser. Keduanya yakni, posisi Menko...

    More like this

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024)....

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...