25.8 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    UMKM Day Sebagai Pintu Masuk Peningkatan Produktivitas Usaha UMKM

    Published on

    Manokwari, Linkpapua.com– Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPB) Kementrian Keuangan Papua Barat menggelar UMKM Day sebagai rangkaian dari Peringatan Hari Bakti Perbendaharaan ke 19. Berlokasi di Gedung Keuangan Negara (GKN) pada Jumat (10/3/2023)ada sejumlah kegiatan yang digelar.

    Kepala Kantor Wilayah DJPB Papua Barat Purwadhi Adhiputranto mengatakan pelaksanaan UMKM Day sebagai upaya Kementrian Keuangan untuk meningkatkan derajat inklusivitas pengusaha UMKM.” UMKM menjadi penggerak ekonomi terbesar di Indonesia sehingga pemerintah terus memberikan dukungan termasuk berupa pembiayaan maupun fasilitas bagi UMKM. Dengan UMKM Day juga menjadi wadah UMKM memasarkan produk kepada konsumen serta mendapatkan informasi agar dapat mengembangkan usahanya. Sejauh ini penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Papua Barat cukup baik. Itu bagian dari upaya negara untuk meredam gejolak ekonomi maupun meningkatkan UMKM,’’ujarnya.

    Baca juga:  Perkuat Konsolidasi, PDIP Optimistis Tambah Kursi di Papua Barat

    Sementara itu, bupati Manokwari Hermus Indou yang juga hadir mengatakan bazar UMKM tersebut sebagai bukti kehadiran Kementrian Keuangan dalam mendukung UMKM didaerah.”Kita punya komitmen yang sama mendukung UMKM. Semua lapisan harus merasakan pelayanan untuk kesejahteraan. Dalam membangun daerah permasalahan yang dihadapi kompleks sehingga pemda tidak bisa berjalan sendiri. Setelah Indonesia dilanda pandemi Covid-19 saat ini masih dalam proses pemulihan. Saya menyambut baik UMKM Days yang digelar ini,”ungkap Hermus.

    Baca juga:  Operasi Ketupat 2021, Puluhan Pengendara Terjaring Razia Masker di Manokwari

    Dia berharap dengan UMKM Day dapat menggugah pelaku UMKM untuk mengupdate dalam pengemasan produknya. Sehingga bupati mendorong agar event-event seperti ini dapat terus dilaksanakan.

    Baca juga:  Musyawarah IDI Teluk Bintuni, Bupati Tekankan Jangan Beda-bedakan Pasien

    UMKM Day yang digelar sehari tersebut mengusung tema “Kemenkeu Satu Mendukung UMKM Maju”. Dalam event tersebut diikuti oleh 22 pengusaha UMKM dari berbagai jenis produk serta perbankan maupun instansi pemerintah dan BUMN.(LP3/Red) 

    Latest articles

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    0
    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024). Ada dua kursi menteri yang akan bergeser. Keduanya yakni, posisi Menko...

    More like this

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024)....

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...