25.9 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Ayo Daftar! Ini Tahapan Lengkap Perekrutan Komcad 2023

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Kodim 1806/Teluk Bintuni melaksanakan sosialisasi terkait Komponen Cadangan (Komcad) 2023 yang berlangsung di Sasana Karya, Kantor Bupati Teluk Bintuni, Kamis (2/2/203).

    Pasi Inteldim 1806/Teluk Bintuni, Kapten Inf. Septyan Dwi N., menyampaikan Komcad merupakan program Kementerian Pertahanan (Kemhan) sebagai upaya bela negara yang dilakukan masyarakat.

    Pada kesempatan ini membeberkan tiap tahapan untuk bisa bergabung menjadi Komcad. Dimulai pendaftaran, pengumuman pelamar, seleksi administrasi, seleksi kompetensi, latsarmil, lalu penetapan. “Pembentukan Komcad 2023 dimulai dari pendaftaran pada 2 Januari hingga 14 April 2023,” ujar Septyan.

    Baca juga:  Anisto Gelar Open House, Harap Natal Beri Energi Positif Ciptakan Pemilu Damai

    Septyan menjelaskan, seleksi administrasi 17 – 25 April 2023, seleksi kompetensi 26 April – 8 Mei 2023, pantukhir 5 Mei 2023, latsarmil pengangkatan atau penyumpahan 8 Mei – 8 Agustus 2023, dan rencana latihan pembulatan serta upacara penetapan pada pekan kedua dan ketiga Agustus 2023.

    Baca juga:  Masrawi Aryanto Terpilih Kembali Jadi Ketua DPD BKPRMI Manokwari Periode 2023-2027

    “Syarat yang harus dipenuhi, yaitu mendaftar dengan menyertakan surat lamaran, KTP, Kartu Keluarga, surat keterangan dari lurah, surat keterangan catatan kepolisian, ijazah pendidikan terakhir, foto, surat keterangan sehat, daftar riwayat hidup, bersedia menandatangani surat pernyataan kesanggupan untuk mengikuti pendidikan, surat izin orang tua, serta surat izin dari instansi atau perusahaan atau universitas,” bebernya.

    Adapun hak-hak Komcad, yakni uang saku Rp1.850.000, perawatan kesehatan, perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, serta kematian dan kecelakaan kerja.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari Siapkan Ganti Untung Pedagang-Warga Terdampak Revitalisasi Pasar Sanggeng

    “Masa pengabdian Komcad dari unsur warga negara sampai dengan usia maksimum 48 tahun. Masa pengabdian dari unsur warga negara terdiri dari masa aktif dan masa tidak aktif,” tuturnya.

    Sebagai informasi, pendaftaran Komcad dapat diikuti mulai mulai dari umur 18 tahun sampai dengan 35 tahun dengan pendaftaran daring melalui website https://komcad.kemhan.go.id. (LP5/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119 jadi 1.203

    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua...

    PPP Teluk Bintuni Datangi Bawaslu, Sebut PSU Sejumlah TPS tak Punya Dasar Hukum

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com-Ketua DPW PPP Papua Barat, Yasman Yasir bersama Ketua DPC PPP Teluk Bintuni...

    Bawaslu Bintuni Terus Telisik Dugaan Kecurangan di TPS-8 Kampung Argosigemerai

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Bawaslu Teluk Bintuni menemukan sejumlah dugaan kecurangan di TPS 8 TK Almagfiroh,...