28.9 C
Manokwari
Selasa, Mei 28, 2024
28.9 C
Manokwari
More

    3 Pentolan NRWPNG yang Kibarkan Bintang Kejora di Manokwari jadi Tersangka Dugaan Makar

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Tiga aktor intelektual organisasi Negara West Papua New Guinea (NRWPNG) yang melakukan aksi pengibaran bendera Bintang Kejora di Terminal Wosi, Kabupaten Manokwari ditetapkan menjadi tersangka dugaan makar. Ketiganya disebut punya peran berbeda dalam aksi itu.

    Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom menjelaskan, 3 tersangka memiliki peran masing-masing. Di antaranya AN sebagai penghubung antara simpatisan di Manokwari dengan pimpinan kelompok tersebut, YK sebagai koordinator aksi, dan AB penghubung dengan massa yang datang dari Fakfak, Maybrat, dan Kaimana.

    Baca juga:  Buntut Keributan di RSUD Kaimana, Polisi Razia Sajam

    “Setelah dilakukan pemeriksaan secara maraton, dari 15 orang yang sempat diamankan, kepolisian tetapkan 3 tersangka. Dari hasil pemeriksaan aksi tersebut memperingati HUT (hari ulang tahun) organisasi tersebut,” kata Gultom, Senin (28/11/2022).

    Gultom menjelaskan, aksi tersebut tidak ada kaitannya dengan 1 Desember yang biasa diperingati oleh kelompok-kelompok tertentu serta rencana kedatangan Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, ke Kaimana.

    Baca juga:  Polres Manokwari Tahan 11 Polisi Sepanjang 2021, 1 Orang Dipecat

    “Aksi mereka murni berkaitan dengan HUT organisasi yang mereka ikuti. Sehingga tidak ada kaitannya juga dengan rencana kedatangan kepala negara. Sehingga kita imbau agar masyarakat juga tidak terpancing dengan informasi-informasi yang belum dapat dibuktikan kebenarannya,” tegas Gultom.

    Demi pengembangan, para tersangka masih dilakukan pemeriksaan di Mapolres Manokwari. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka disangkakan dengan Pasal 106 KUHP tentang Makar.

    Baca juga:  Penegasan Polres Manokwari Jelang Tahun Baru: Jangan Seenaknya Tutup Jalan

    Sebelumnya diberitakan puluhan warga menggelar aksi dengan mengibarkan bendera bintang kejora, di Terminal Wosi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Minggu (27/11/2022) pagi. Mereka meneriakkan yel-yel Papua merdeka.

    Massa juga menyuarakan penolakan terhadap otonomi khusus (otsus) Papua. Selain membawa bendera bintang kejora, sejumlah bendera negara asing, seperti Amerika Serikat, Australia, dan Belanda juga turut dikibarkan dalam aksi tersebut. (LP3/Red)

    Latest articles

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat...

    0
    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus Mancadan untuk maju bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Papua...

    More like this

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...

    Pemekaran 203 Kampung di Pegaf Papua Barat Masuk Tahap Akhir

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Asisten I Setda Papua Barat, Oktavianus Mayor, menyampaikan pemekaran calon kampung...