Selasa, Januari 31, 2023
25.2 C
Manokwari
25.2 C
Manokwari
Selasa, Januari 31, 2023

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

3 Pentolan NRWPNG yang Kibarkan Bintang Kejora di Manokwari jadi Tersangka Dugaan Makar

MANOKWARI, Linkpapua.com – Tiga aktor intelektual organisasi Negara West Papua New Guinea (NRWPNG) yang melakukan aksi pengibaran bendera Bintang Kejora di Terminal Wosi, Kabupaten Manokwari ditetapkan menjadi tersangka dugaan makar. Ketiganya disebut punya peran berbeda dalam aksi itu.

Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom menjelaskan, 3 tersangka memiliki peran masing-masing. Di antaranya AN sebagai penghubung antara simpatisan di Manokwari dengan pimpinan kelompok tersebut, YK sebagai koordinator aksi, dan AB penghubung dengan massa yang datang dari Fakfak, Maybrat, dan Kaimana.

“Setelah dilakukan pemeriksaan secara maraton, dari 15 orang yang sempat diamankan, kepolisian tetapkan 3 tersangka. Dari hasil pemeriksaan aksi tersebut memperingati HUT (hari ulang tahun) organisasi tersebut,” kata Gultom, Senin (28/11/2022).

Gultom menjelaskan, aksi tersebut tidak ada kaitannya dengan 1 Desember yang biasa diperingati oleh kelompok-kelompok tertentu serta rencana kedatangan Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, ke Kaimana.

Baca juga:  Jadi Tersangka Penganiayaan, Oknum Pejabat Pemprov Papua Barat Ditahan
Baca juga:  PWI Papua Barat Polisikan Konten Kreator Diduga Hina Profesi Wartawan

“Aksi mereka murni berkaitan dengan HUT organisasi yang mereka ikuti. Sehingga tidak ada kaitannya juga dengan rencana kedatangan kepala negara. Sehingga kita imbau agar masyarakat juga tidak terpancing dengan informasi-informasi yang belum dapat dibuktikan kebenarannya,” tegas Gultom.

Demi pengembangan, para tersangka masih dilakukan pemeriksaan di Mapolres Manokwari. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka disangkakan dengan Pasal 106 KUHP tentang Makar.

Sebelumnya diberitakan puluhan warga menggelar aksi dengan mengibarkan bendera bintang kejora, di Terminal Wosi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Minggu (27/11/2022) pagi. Mereka meneriakkan yel-yel Papua merdeka.

Massa juga menyuarakan penolakan terhadap otonomi khusus (otsus) Papua. Selain membawa bendera bintang kejora, sejumlah bendera negara asing, seperti Amerika Serikat, Australia, dan Belanda juga turut dikibarkan dalam aksi tersebut. (LP3/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here