25.8 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Ketua PWI Tinjau Venue Porwanas Jatim, Dekati 100 Persen-Pawai Obor Dibatalkan

    Published on

    MALANG, LinkPapua.com – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S. Depari, meninjau kesiapan venue-venue pertandingan dan tempat pembukaan Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) XIII Jawa Timur (Jatim), di Kota Malang, Minggu (20/11/2022). Tuan rumah Malang dinilai sudah siap melaksanakan multievent terbesar untuk wartawan di Indonesia.

    Pihaknya meninjau venue futsal di Unggul Sport Center, lalu Graha Cakrawala, yang akan digunakan sebagai tempat upacara pembukaan Porwanas, lapangan tenis, dan Stadion Sepak Bola Cakrawala yang semuanya berada di kawasan Kampus I Universitas Negeri Malang.

    Baca juga:  Cara DPP PIKI Berdayakan UMKM di Masa Pandemi Covid-19

    Dalam kunjungan ke Graha Cakrawala, Atal sempat bertanya tentang konsep pembukaan kepada penanggung jawab acara, terutama tentang prosesi penyalaan obor sebagai tanda simbolis pembukaan Porwanas.

    Menurut penanggung jawab acara, nantinya penyulutan obor akan dilakukan tetap di dalam gedung. Ini mengingat potensi turunnya hujan di Malang pada waktu sore hari.

    Pihak acara juga telah membuat kalderon mini, yang nantinya akan dibuat single light line yang berganti-gantian menyala hingga ke atas kalderon pada saat proses api obor Porwanas dilakukan.

    Baca juga:  Kemendag Gandeng Polri akan Tindak Tegas Mafia Minyak Goreng

    Dalam kunjungannya di lapangan tenis, Atal juga sempat bertemu dengan para liaison officer (LO) dari kalangan mahasiswa yang nantinya akan bertugas di Powarnas. Beberapa bertugas pada cabang olahraga, ada juga yang memegang kontingen daerah.

    Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jawa Timur, Erwin Muhammad, pun turut menjelaskan kesiapan-kesiapan venue lainnya di tempat yang berbeda. Menurutnya, kini kesiapan venue-venue lainnya sudah mulai mendekati 100 persen.

    Sayangnya, pawai obor Powarnas yang awalnya dijadwalkan berlangsung pada Minggu (20/11/2022) siang ini batal digelar. Pawai dibatalkan karena bentrok dengan kegiatan demonstrasi yang digelar Aremania.

    Baca juga:  Indonesia Tuan Rumah AEM Special Meeting di Bali, Mendag Lutfi: Targetnya Pengembangan Ekonomi Kawasan

    “Ada 11 titik yang menjadi pusat demo, 4 di antaranya merupakan titik terawan. Kebetulan itu titik yang akan dilalui pawai obor. Jadi, demi kondusivitas keadaan, maka pawai diputuskan ditiadakan,” tambahnya.

    Porwanas tahun ini akan berlangsung pada 21-26 November 2022. Mempertandingkan 10 cabang olahraga, yakni atletik, biliar, bridge, bulu tangkis, catur, futsal, tenis meja, sepak bola, esports, dan tenis lapangan. Akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali. (LP3/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Menuju PON XXI: Disuntik Rp50 M, KONI Papua Barat Minta Dana Tambahan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat meminta pemprov mengalokasikan anggaran tambahan...

    Sekjen PWI Bantah DK Soal Anggaran UKW Rp2,9 M tak Jelas: Itu Fitnah

    JAKARTA, linkpapua.com- Sekretaris Jenderal PWI Pusat Sayid Iskandarsyah membantah pernyataan Dewan Kehormatan PWI terkait...

    Menuju PON XXI: Cabor Sepakbola Papua Barat Targetkan Bisa TC di Jawa

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Cabang olahraga (cabor) sepak bola Papua Barat terus melakukan persiapan dalam keikutsertaannya...