Rabu, Desember 7, 2022
25.2 C
Manokwari
25.2 C
Manokwari
Rabu, Desember 7, 2022

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

Puan: Capres PDIP Sudah Dikantongi Ketua Umum

JAKARTA, LinkPapua.com – Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, mengatakan tidak ada kendala soal calon presiden (capres) yang akan diusung PDIP. Meski belum diumumkan, Puan menyebut capres sudah di tangan Megawati Soekarnoputri.

“Tidak ada masalah soal capres PDIP. Kader PDIP siap dan sekarang tentu sudah di tangan Ketum (Megawati),” ujar Puan di Solo, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022).

Ditanya soal siapa, Puan menolak membeberkannya. Ia mengatakan, tidak etis menyebut figur di saat seperti ini. Menurutnya, itu adalah domain Ketum.

“Nanti juga diumumkan. Yang pasti bahwa PDIP punya banyak kader untuk diusung,” jelasnya.

Capres PDIP memang menimbulkan banyak spekulasi antarkader. Sebelumnya, nama Puan sempat mengemuka. Namun, di internal PDIP, dukungan terhadap Ganjar Pranowo juga menguat.

Secara elektabilitas, Puan tertinggal jauh dari Ganjar. Ganjar satu-satunya kader PDIP yang selalu masuk dalam lingkaran tiga besar capres potensial pada 2024.

Sejumlah hasil survei menyebut, jika PDIP meninggalkan Ganjar, kemungkinan hanya akan dua figur yang berpotensi memenangkan pilpres, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Baca juga:  Survei Capres Voxpol: Anies Salip Ganjar, Puan Masih Stagnan
Baca juga:  Survei Capres Voxpol: Anies Salip Ganjar, Puan Masih Stagnan

Keterbelahan sikap antarkader dipercaya menjadi faktor utama sehingga PDIP belum mengumumkan capres hingga saat ini. Belakangan muncul opsi paket PDIP-PDIP, yakni Ganjar-Puan atau Puan-Ganjar.

Puan mengatakan, ia tidak mau larut dalam spekulasi politik. Ia mengatakan, mekanisme di PDIP sangat jelas. Kader, kata dia, harus tegak lurus dengan keputusan organisasi.

“Siapa pun yang diputuskan nanti menjadi capres, ya, harus diterima semua kader. Sekarang spekulasi apa pun itu biasa. Toh, akhirnya nanti keputusan akhir di Ketum,” beber Puan.

Lalu kapan diumumkan? Puan tak memberi penjelasan.

“Pokoknya tunggu saja. Timing ada. Nanti Ketum akan tahu kapan waktu yang tepat,” katanya.

PDIP sendiri akan merayakan hari jadinya ke-50 pada Januari 2023 mendatang. Ketua DPP PDIP, Said Abdullah, menyebut akan ada kejutan pada perayaan HUT tersebut. Hanya, tak ada penjelasan apakah kejutan yang dimaksud adalah pengumuman capres. (*/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here