25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Suarakan Papua Merdeka, Puluhan Massa di Manokwari Kibarkan Bendera Bintang Kejora

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Puluhan warga Papua menggelar aksi dengan mengibarkan bendera bintang kejora, di Terminal Wosi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Minggu (27/11/2022) pagi. Mereka meneriakkan yel-yel Papua merdeka.

    Massa juga menyuarakan penolakan terhadap otonomi khusus (otsus) Papua. Selain membawa bendera bintang kejora, sejumlah bendera negara asing, seperti Amerika Serikat, Australia, dan Belanda juga turut dikibarkan dalam aksi tersebut.

    Aksi massa berlangsung sejak pukul 08.00 WIT. Sementara, aparat keamanan dari TNI dan Polri baru tiba di lokasi pada pukul 12.30 WIT.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Kumpulkan Pimpinan OPD, Bahas Lima Program Strategis

    “Kami merayakan kemerdekaan Papua yang ke-25 Tahun,” kata Bernard, seorang warga Papua turut dalam aksi tersebut.

    Bernard mengaku datang dari Nabire, Papua. Memenuhi undangan perayaan hari ulang tahun (HUT) Negara Republik Papua Barat di Manokwari.

    Dalam orasi kordinator aksi menyampaikan bahwa pihaknya telah menyampaikan permohonan izin perayaan Negara West Papua New Guinea ke-25 tahun yang jatuh pada 27 November 2022 di Papua dan Papua Barat.

    Baca juga:  Mersyana Djalimun Jabat Plt Sekda Manokwari

    Orasi yang awalnya digelar di halaman terminal, massa kemudian berpindah ke dalam terminal yang jaraknya tidak jauh dari depan pos polisi Pasar Wosi.

    Kapolres Manokwari, AKBP Parisian Herman Gultom, tampak baru tiba di lokasi sekitar pukul 12.00 WIT. Berselang beberapa menit juga tampak aparat gabungan TNI dan Polri berseragam kemudian menggelar apel di depan massa.

    Aktivitas massa lalu dibubarkan oleh aparat keamanan. Massa yang terdiri dari pria dan wanita dewasa serta beberapa anak-anak tersebut melarikan diri melalui pintu belakang terminal.

    Baca juga:  Pria Korban Penembakan OTK di Manokwari Meninggal di RS TNI AL

    Sejumlah massa kemudian diamankan dengan bendera serta atribut bintang kejora. Mereka kemudian diarahkan naik kendaraan truk polisi menuju Polres Manokwari sekitar pukul 13.00 WIT.

    Kapolres Manokwari yang ditemui di lokasi belum mau memberikan keterangan.

    “Nanti saja, ini masih panas,” ucap Kapolres saat ditemui usai pembubaran massa. (LP2/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Hermus Indou Harapkan Peran Generasi Muda dalam Mengisi Pembangunan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indou membuka Festival Tamborine Piala Bupati Manokwari tahun 2024 yang...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...