oleh

Musda Pemuda-pemudi Kei, Kepala Suku: Siapa Pun Ketua, Jaga Adat Istiadat

MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemuda-pemudi Kei menggelar Musyawarah Daerah (Musda) I Manokwari, Rabu (2/6/2021), dengan mengusung tema Voing Fo Kut Vau Fo Banglu yang artinya Diikat Menjadi Satu Suluh.

Kepala Suku Kei di Manokwari, Moses Naraha, mengungkapkan siapa pun nantinya yang terpilih menjadi ketua harus mendapat dukungan penuh.

“Tugas kita menjaga adat dan istiadat. Meskipun zaman sudah modern, tetapi adat harus dipertahankan karena ini merupakan jati diri. Pemuda untuk masa depan karena orang Kei di tanah Papua sudah ada sejak lama. Sehingga hasil karya leluhur bisa dijaga dan dilanjutkan. Saya berpesan agar pemilihan ketua bisa dilakukan dengan musyawarah karena itu merupakan adat orang Kei,” pesam Moses menekankan.

Bupati Manokwari yang diwakili Asisten II Setda Manokwari, Harjanto Ombesapu, mengatakan penting pada momentum ini meningkatkan komunikasi dengan masyarakat dan pemerintah daerah sehingga semua program dapat sinergi.

“Perlu forum untuk proses evaluasi program kerja dan merumuskan langkah-langkah penyempurnaan yang diperlukan. Dengan adanya musda ini untuk meningkatkan komunikasi dengan pemda sehingga semua program dapat disinergikan,” kata Harjanto.

Harjanto juga berpesan agar nantinya yang terpilih dapat melaksanakan kegiatan kepemudaan dan menjadi motor penggerak organisasi. Tidak kalah penting adalah mempererat persaudaraan pemuda dan pemudi Kei dan mendorongnya berpartisipasi dalam pembangunan, serta berpartisipasi ikut memberantas minuman keras agar jauh dari penyakit sosial. (LP3/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini