Jumat, Agustus 12, 2022
28.1 C
Manokwari
28.1 C
Manokwari
Jumat, Agustus 12, 2022

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

Lahan untuk Pengadilan Tinggi, Pj Gubernur PB-Dirjen BPU MA RI Teken NPHD

MANOKWARI, Linkpapua.com – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia (BPU MA RI), Bambang Myanto, menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD), Rabu (3/8/2022).

NPHD berisi tentang hibah lahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat kepada BPU MA RI yang akan dipergunakan untuk membangun gedung Pengadilan Tinggi Papua Barat.

Ketua Pengadilan Tinggi Papua-Papua Barat, Asli Ginting, mengatakan ada tiga hal yang mendasari hadirnya Pengadilan Tinggi Papua Barat.

“Mendekatkan para pencari keadilan dengan pengadilan, membantu pengguna layanan pengadilan (advokat), serta melengkapi dan memenuhi perintah konstitusi,” jelasnya.

Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, mengatakan tanah yang dihibahkan ke Pengadilan Tinggi Papua Barat terletak di area perkantoran Gubernur Papua Barat.

Baca juga:  Tahun Ini, Pemprov Papua Barat Akan Bangun Tiga Rumah Inovasi
Baca juga:  Dinas Ketahanan Pangan Papua Barat: Hanya Kota Sorong Tak Punya Lahan Pertanian

“Hadirnya Pengadilan Tinggi Papua Barat dapat melaksanakan fungsi pelayanan hukum bagi masyarakat,” tuturnya.

Anggaran yang dipergunakan, kata dia, merupakan dari rakyat sehingga juga harus dipertanggungjawabkan kepada rakyat. Hibah tanah dari Pemprov Papua Barat selanjutnya akan menjadi aset MA.

Sementara, Dirjen BPU MA RI, Bambang Myanto, mengatakan dengan dibentuknya pengadilan ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat dalam mencari keadilan.

“Persiapkan anggaran untuk pembangunan sudah siap. Sudah disiapkan dan sementara direnovasi untuk kantor sementara hingga pembangunan gedung Pengadilan Tinggi Papua Barat selesai,” paparnya. (LP9/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here