oleh

BPBD Papua Barat Bagi 10.000 Masker Gratis ke Pengguna Jalan, 2 Jam Habis

MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat terus melakukan langkah preventif dalam menangani dan mencegah penyebaran Covid-19 di Manokwari, sebagai ibu kota Papua Barat.

Sabtu (5/6/2021), Pemprov Papua Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membagikan 10.000 masker gratis bagi pengguna jalan di beberapa titik, yakni simpang lampu merah Haji Bauw, depan toko Senyum 5000 dan lampu merah Sinar Suri. Hanya butuh waktu dua jam, 10.000 masker habis dibagikan ke warga.

Pembagian 10.000 helai masker gratis dipimpin Kepala BPBD Papua Barat juga selaku Ketua Satgas Covid-19, Derek Ampnir. Menurutnya, tujuan memberikan masker kepada masyarakat, mengingat angka penularan Covid-19 di Papua Barat terus meningkat.

Pembagian masker gratis juga sebagai langkah edukasi dan upaya preventif Pemprov Papua Barat melalui BPBD untuk mencegah Covid-19 agar tidak kian meluas.

“Pembagian masker ini sebagai langkah pemerintah daerah Papua Barat menekan laju Covid-19 yang semakin hari terus bertambah, meski kita juga patut gembira karena angka kesembuhan juga terus bertambah,” kata Derek.

Sebanyak 10.000 helai masker dibagikan gratis ke masyarakat pengendara roda 2 dan 4, termasuk warga yang tengah melintas di kawasan lampu merah Haji Bauw, utamanya kepada masyarakat yang tidak mengenakan masker.

Derek berharap, dengan pembagian masker ini, seluruh warga Kabupaten Manokwari meningkatkan kewaspadaan mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita berharap dengan penggunaan masker ini, seluruh warga semakin peduli dalam meningkatkan kewaspadaan mencegah penularan dan penyebaran Covid-19,” kata Derek.

“Kami tidak ingin angka kasus COVID-19 di Papua Barat terus melonjak. Oleh karena itu, BPBD turun langsung ke tengah-tengah masyarakat membagikan masker dan hand sanitizer. Sekaligus memberi edukasi akan pentingnya penerapan prokes,” lanjut Derek.

Menurut Derek, ada indikasi kuat yang didapatkan lewat pembagian masker gratis kali ini, yakni warga masih sangat membutuhkan masker. Terbukti 10.000 helai masker langsung habis hanya dalam waktu dua jam.

Selanjutnya, BPBD Papua Barat akan berkoordinasi dengan Polda Papua Barat dan instansi terkait untuk menggelar aksi bagi masker gratis di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong. Kegiatan sama juga akan digelar di Kabupaten Teluk Bintuni.

“Ada empat kabupaten/kota di Papua Barat yang jadi patokan kita dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Papua Barat, yaitu Kabupaten Manokwari, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Sorong, dan Kota Sorong. Jika empat daerah ini sudah hijau, akan lebih memudahkan kita untuk memerangi virus corona ini,” terang Derek.

Dia mengimbau seluruh warga di Papua Barat tetap taat menggunakan masker. Sebab, 85 persen pencegahan Covid-19 didapatkan dengan rutin memakai masker dan hand sanitizer.

“Jangan lagi pakai masker scuba. Bagi penjual masker scuba, habiskan jualan maskernya dan jangan lagi jual masker serupa. Bagi warga yang perlu masker silakan kontak kami di nomor 08114850111, gratis karena barang ini kita sediakan bagi warga,” pungkas Derek. (LP2/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini