Senin, September 20, 2021
28.1 C
Manokwari
28.1 C
Manokwari
Senin, September 20, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

140,468
Total Kematian
Updated on Monday, 20 September 2021, 10:48 10:48 am
60,969
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 20 September 2021, 10:48 10:48 am
4,190,763
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 20 September 2021, 10:48 10:48 am

Panglima TNI Kirim Alkes untuk Papua Barat, Semua Kabupaten/Kota Kebagian

MANOKWARI, Linkpapua.com- Wujud perhatian kepada masyarakat Papua Barat, Kodam XVIII/Kasuari menerima bantuan alat kesehatan (alkes) dari Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Selanjutnya akan dibagikan ke seluruh kabupaten/kota.

Bantuan alkes ini langsung diterima Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han), bersama Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Papua Barat, Mohamad Lakotani, S.H., M.Si., Kapolda Papua Barat, Irjen. Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, S.I.K., M.Si., di Bandara Rendani Manokwari, Papua Barat, Selasa (3/8/2021).

Juga turut disaksikan Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Ketua Pelaksana Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat, serta Direktur Rumah Sakit Provinsi Papua Barat.

Pangdam XVIII/Kasuari usai menerima bantuan alkes mengungkapkan bahwa ini merupakan bantuan langsung dari Panglima TNI. “Selama ini beliau memonitor terus perkembangan Covid-19 yang ada di Papua Barat, khususnya saat kita kekurangan oksigen dan tabung oksigen kemudian juga kekurangan masker, APD (alat pelindung diri), dan lain sebagainya,” ucap Pangdam.

“Untuk itu hari ini Puji Tuhan Panglima TNI mengirimkan barang-barang medis ini dan akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat. Mudah-mudahan ini bermanfaat dan dan kita berterima kasih atas bantuan ini sehingga bisa menekan penyebaran virus Covid-19 serta kita bisa menekan angka kematian masyarakat di Provinsi Papua Barat karena Covid-19,” bebernya.

Baca juga:  Masuk Zona Oranye, Pangdam XVIII Kasuari Apresiasi Warga Kaimana yang Sadar Covid-19

Sementara itu, Wagub Papua Barat pada kesempatan yang sama menyatakan rasa terima kasihnya dan menyampaikan rasa hormat kepada Panglima TNI atas perhatian memberikan bantuan kepada masyarakat dan Pemprov Papua Barat dalam rangka menghadapi wabah atau pandemi Covid-19.

“Kita tahu bahwa, salah satu penyebab angka kematian yang tinggi oleh karena kita kekurangan bantuan oksigen dan tabung oksigen di beberapa tempat. Oleh karena itu, kemudian Panglima TNI memberikan bantuan ini dalam rangka penanganan pandemi Covid-19,” ujarnya.

“Dengan begini tentu kita harapkan angka kematian bisa kita tekan, tetapi juga aktivitas daripada para tim medis untuk menangani pasien baik itu di rumah sakit,” tambahnya.

Bantuan ini tidak hanya untuk di Manokwari saja, tetapi akan disalurkan juga kepada kabupaten/kota lain yang ada di Papua Barat. “Secara teknis nanti akan diurus oleh Dinas Kesehatan,” ucapnya.

Bantuan alkes yang diterima adalah 50 tabung oksigen, 50 oksigen konsentrator, 150.000 masker medis, 1.000 APD, 1.000 sarung tangan medis, 20.000 rapid antigen, dan 3 box regulator oksigen. (LP2/red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here