28.2 C
Manokwari
Sabtu, Mei 25, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Romer Tapilatu: PAD Manokwari Seharusnya di Atas Rp100 Miliar

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Manokwari, Romer Tapilatu, mendorong perangkat daerah Pemkab Manokwari untuk terus berinovasi untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

    “Untuk menggenjot PAD perlu ditunjang dan infrastruktur yang memadai. Jika sudah ditunjang dengan itu, maka seluruh sumber-sumber PAD bisa terpantau dengan baik dan maksimal. Yang terpenting juga adalah berkaitan dengan data. Sehingga harus selalu ada inovasi agar hasil yang didapatkan itu juga maksimal,” ungkap Romer, belum lama ini.

    Baca juga:  DPRD Manokwari Tunggu Eksekutif Serahkan Materi KUA-PPAS APBD-P 2022

    Politisi dari PKPI itu juga mengatakan, mesti menjadi perhatian adalah regulasi yang mengatur sebagai payung hukumnya. “Misalnya regulasi soal sampah itu bisa selalu ditinjau perbup yang menopang perdanya. Dengan ada aturan seperti apa penagihan retribusi lalu jumlahnya, maka sumber yang masuk ke daerah bisa jelas. Dengan jumlah penduduk di Manokwari yang ada nilainya tentu lumayan besar, lalu sumber dari bidang-bidang lainnya,” bebernya.

    Baca juga:  Forum Honorer Temui Kapolda Papua Barat, Pertanyakan Kasus Pemalsuan Dokumen CPNS

    Romer menyebut, dengan seluruh sistem terintegrasi tentu dapat meminimalkan bocornya sumber PAD. Menjadi perhatiannya adalah pengelolaan pasar. Sebagai pusat perekonomian di Manokwari, di sana terdapat sumber PAD yang bisa didapatkan.

    Namun, hingga saat ini hasil yang didapatkan belum maksimal karena masih adanya tarik ulur OPD yang mengelolanya. Dengan status Manokwari sebagai ibu kota Provinsi Papua Barat, PAD dari jasa menjadi sumber yang potensial.

    Baca juga:  Ranperda LKPD APBD 2021, Fraksi Golkar DPRD Manokwari Soroti PAD hingga BUMD

    “Seharusnya Manokwari bisa dapat di atas Ro100 miliar dari PAD. Memang dengan pandemi Covid ini agak menurun karena dampaknya juga ke ekonomi. Tahun ini di APBD 2021 ditargetkan PAD Manokwari sebesar Rp80 miliar,” tutupnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    DPD BKPRMI Manokwari Berbagi dengan Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Manokwari menggelar Halal Bi Halal bersama Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun Jumat (24/5/2024)....

    More like this

    DPD BKPRMI Manokwari Berbagi dengan Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Manokwari menggelar Halal Bi...

    Turnamen Catur IKT Teluk Bintuni, Kuatkan Minat dan Solidaritas

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Teluk Bintuni, Ferdinan Mangalik, membuka...

    Kejari Bintuni Ultimatum GS Hadiri Panggilan Ketiga Terkait Kasus Dana Hibah KPU

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com- Kejari Teluk Bintuni Jhony A zhebua melalui Jaksa penyidik dari Kejaksaan Negeri...