28.6 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    DPR Papua Barat Serahkan Draf RPP Otsus ke Sejumlah Lembaga Negara

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Setelah melalui rangkaian proses, Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua Barat menyerahkan draf Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Otonomi Khusus (Otsus) ke pusat.

    Ketua Pansus RUU Otsus DPR Papua Barat, Yan Anthon Yoteni, mengatakan draf RPP dari DPR Papua Barat sebagai implementasi dari UU Otsus telah diserahkan ke sejumlah lembaga negara. Draf, salah satunya, diserahkan ke Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI melalui komite yang membidangi.

    Baca juga:  Bersama PTA Papua Barat, Matret Kokop Tinjau Lokasi Kantor Pengadilan Agama Teluk Bintuni

    “Kita sudah serahkan RPP dari DPR Papua Barat ini ke DPD RI pada hari ini melalui komite yang membidangi. DPD RI menyambut baik penyerahan RPP tersebut karena secara kelembagaan baru usulan dari DPR Papua Barat yang pertama kali disampaikan ke DPD RI. Sebelumnya minggu lalu draf ini juga telah diserahkan ke Wamenkumham (Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia),” beber Yoteni, Senin (6/9/2021).

    Baca juga:  Legislator DPR Papua Barat Minta Ada Tambahan Tunjangan Nakes

    Selain itu, telah direncanakan pada Selasa (7/9/2021) draf yang sama akan diserahkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, serta beberapa lembaga lainnya yang sudah dijadwalkan.

    “Tentu dengan draf RPP yang dihasilkan dari aspirasi dan masukan masyarakat, DPD RI mengapresiasi kerja-kerja DPR Papua Barat. Dijadwalkan nanti Kamis DPD RI dan DPR Papua Barat akan bertemu dengan Ketua MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat) RI,” jelasnya.

    Baca juga:  Lawatan Pangdam Kasuari di Bintuni Disambut Bupati dan Tokoh Adat

    Dalam draf itu memuat sejumlah aspirasi pemekaran di Papua Barat, seperti Provinsi Kuriwamesa, Kabupaten Immeko, Maybrat Sau, Malamoi, Raja Ampat Selatan, Babo, Kokas, dan beberapa calon daerah otonomi baru (DOB) lainnya. Hal itu mendapat dukungan karena dalam UU Otsus juga memuat tentang DOB. (LP3/Red)

    Latest articles

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024. Kemenkumham dinobatkan...

    More like this

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...

    Penerimaan Bintara Polri dan Akpol Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Proses seleksi Polda Papua Barat memasuki tahap akhir. Dari 8.000 peserta di...