Senin, Oktober 18, 2021
26.5 C
Manokwari
26.5 C
Manokwari
Senin, Oktober 18, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

142,848
Total Kematian
Updated on Friday, 15 October 2021, 04:06 4:06 am
19,852
Total Kasus Aktif
Updated on Friday, 15 October 2021, 04:06 4:06 am
4,232,099
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Friday, 15 October 2021, 04:06 4:06 am

Blibli Puji Produk Herbal Papua Barat: Berpeluang Rebut Pasar

MANOKWARI, Linkpapuabarat.com – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat bekerja sama dengan salah satu e-commerce, Blibli.com mendorong tumbuhnya usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Papua Barat. Papua Barat disebut memiliki banyak produk potensial yang bisa merebut market.

“Memang ada beberapa produk dari Papua Barat yang diminati. Hanya saja yang menjadi kendala pemasaran produk berkaitan dengan ongkos kirim yang masih tergolong mahal,” ujar Bramantya Eka, Lead Content Blibli.com melalui on boarding UMKM Papua Barat 2021 pada Selasa (6/4/2021).

Menurut Bramantya, ke depan kendala tingginya ongkir akan diperbaiki agar diakses bisa lebih mudah. Tentu saja kata dia, dengan program pemerintah yanh menunjang infrastruktur seperti tol laut.

“Tetapi bagaimana pun harus tetap dilakukan agar wawasannya bisa terbuka. Tinggal bagaimana agar UMKM di Papua Barat punya orientasi jangka panjang yang mendorong lahirnya produk kompetitif,” jelasnya.

On boarding UMKM Papua Barat berlangsung dua hari. Kegiatan ini bertujuan mendorong bangkitnya kembali UMKM setelah dipukul pandemi.

Dikatakan Bramantya, ia melihat produk dari Papua Barat berpeluang bersaing dengan produk lainnya. Tapi harus memperhatikan pengemasan yang menarik dan aman.

Dengan begitu dapat menumbuhkan kepercayaan konsumen dan produk bisa diterima pasar.

Diungkapkannya, dengan adanya platform digital dalam pemasaran produk, memiliki sejumlah keutamaan. Ini harus dimanfaatka oleh UMKM untuk menembus market di luar Papua.

“Kalau dipasarkan on line peluangnya semakin terbuka karena semakin banyak mengetahui produk kita, tidak perlu mengeluarkan biaya juga untuk sewa tempat. Maka biaya operasionalnya bisa ditekan,” tambahnya.

Yang perlu diperhatikan kata Bramantya adalah bagaimana pengemasan produk. Di sisi ini produk harus aman dan menarik konsumen.

Karena dengan pengemasan yang baik termasuk informasi komposisi produk tersebut dapat meyakinkan pelanggan. Semua itu harus menjadi perhatian dalam memasarkan produk.

“Karena produk itu soal trust. Siapa yang bisa menjaga trust konsumen maka dia berpeluang merebut pasar. Ini harus ditangkap UMKM di Papua Barat,” imbuhnya. (LPB3/red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here