27.3 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.3 C
Manokwari
More

    Buru 17 DPO Penyerangan Pos Koramil Kisor, Polisi: Sebaiknya Segera Serahkan Diri!

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat masih memburu 17 anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Maybrat yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Sorong Selatan (Sorsel).

    Para buronan itu diduga terlibat dalam penyerangan Pos Koramil persiapan Kampung Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, pada Kamis 2 September lalu. Penyerangan itu menyebabkan gugurnya empat serdadu TNI Angkatan Darat.

    Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua Barat, Komisaris Besar Adam Erwindi, mengatakan terungkapnya keterlibatan 17 anggota KNPB Maybrat itu berdasarkan pemeriksaan sejumlah saksi dan keterangan dari dua pelaku yang telah ditahan sebelumnya, yakni MY (20) dan MS (18).

    Baca juga:  Barang Sitaan Rusak, Penasihat Hukum Bryan Tanbri Mengadu ke Kejagung

    “Dari hasil pengembangan, total pelaku diketahui berjumlah 19 orang. Sementara ini polisi sudah mengamankan dan menetapkan MY dan MS sebagai tersangka tindak pidana penganiayaan yang menyebabkan korban meninggal dunia,” kata Erwindi kepada Linkpapua.com, Selasa (14/9/2021).

    Selain melakukan pengejaran, polisi juga mendalami peran masing-masing terduga pelaku dalam penyerangan terencana pada Kamis dini hari itu. Para pelaku akan dijerat Pasal 340 KUHP sub Pasal 338 jo Pasal 55 ayat (1)- 1 huruf e jo Pasal 56 ayat (1)- 1 e. Berikut ke-17 pelaku yang masuk DPO.

    Baca juga:  Kapolda Papua Barat Jamin Netralitas Jajarannya Pada Pemilu 2024

    1. Manfred Fatem

    2. Silas Ki

    3. Martinus Aisnak

    4. Titus Sowe

    5. Yunus Ki

    6. Musa Aifat

    7. Moses Aifat

    8. Moses Worait

    9. Irian Ki

    10. Yohanes Yaam

    11. Agus Kaaf

    12 Melkias Ki

    13. Melkias Same

    14. Setam Same

    15. Alin Fatem

    16. Agus Yaam

    17. Robi Yaam

    “Di antara para buron tersebut, Silas Ki diketahui merupakan Ketua KNPB sektor Kisor yang menjadi penggagas atau dalang dari aksi penyerangan tersebut,” ujar Erwindi. “Para pelaku sebaiknya segera menyerahkan diri karena TNI-Polri akan terus memburu pelaku hingga tertangkap,” katanya lagi.

    Baca juga:  Razia Balapan Liar, Satlantas Polres Manokwari Tilang 10 Kendaraan

    Selain itu, Erwindi juga melaporkan, situasi dan kondisi keamanan di Maybrat sejauh ini berangsur kondusif. Sejumlah tim gabungan sudah menduduki wilayah Maybrat untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat setempat.

    Sebelumnya, Pos Koramil persiapan di Kampung Kisor, Distrik Aifat Selatan, diserang kelompok kriminal bersenjata. Penyerangan itu menewaskan empat serdadu TNI Angkatan Darat.

    Keempat korban tersebut, yakni Sersan Dua (Serda) Amrosius, Prajurit Kepala (Praka) Dirham, Prajurit Satu (Pratu) Zul Ansari, dan Letnan Satu (Lettu) Chb. Dirman. (LP7/Red)

    Latest articles

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024. Kemenkumham dinobatkan...

    More like this

    Penerimaan Bintara Polri dan Akpol Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Proses seleksi Polda Papua Barat memasuki tahap akhir. Dari 8.000 peserta di...

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Polresta Manokwari Tangkap 5 Tersangka Pembunuh Yahya, 5 Lainnya Masih Buron

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Satreskrim Polresta Manokwari berhasil menangkap 5 tersangka yaitu YU, SU, SS, NI...