oleh

Langkah Nyata BPBD Papua Barat “Musnahkan” Covid-19

MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat punya program dalam penanganan pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir, yakni Halo Masker, Ayo Pakai Masker.

Mengejawantahkan program itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus menyalurkan bantuan perlengkapan kesehatan pencegahan Covid-19 berupa masker dan hand sanitizer kepada seluruh komponen masyarakat.

Langkah nyata ini menyasar seluruh kalangan, tua maupun muda, apa pun profesinya, dan berlangsung di berbagai tempat. Seperti pada Minggu (30/5/2021), BPBD Papua Barat mendistribusikan bantuan masker dan hand sanitizer bagi jemaat GKI Eklesia, Aipiri.

Penyerahan bantuan dilakukan langsung Kepala BPBD Papua Barat, Derek Ampnir, usai pelaksanaan ibadah Minggu di gereja ini.

Sebelumnya, BPBD Papua Barat membagikan masker kepada pengguna jalan, Jumat (21/5/2021). Giat ini dipusatkan di perempatan jalan menuju Kantor Gubernur Papua Barat, Arfai. Dalam kegiatan ini setidaknya sekitar 3.000 masker dibagikan kepada pengguna jalan yang melintas.

Selain kepada pengguna jalan, pembagian masker juga dilakukan kepada para pedagang sayur dan penjual pinang di tepi jalan sekitar lokasi kegiatan.

“Kita semua harus tetap waspada, jaga protokol kesehatan dengan selalu memakai masker. Angka positif Covid-19 terus bertambah, namun puji Tuhan banyak juga yang sembuh. Semoga ini tidak menjadikan kita lengah, tapi tetap waspada dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan menghadapi tatanan normal baru,” kata Derek.

Derek berharap bantuan perlengkapan pencegahan Covid-19 bisa bermanfaat. “Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Papua Barat, khususnya di Manokwari,” ucapnya.

Bantuan diterima oleh Wakil Ketua Jemaat, Penatua S. Werimon. “Wewakili seluruh anggota Jemaat GKI Eklesia, Aipiri, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua barat dalam hal ini BPBD yang telah mendistribusikan bantuan masker dan hand sanitizer. Semoga bantuan ini bisa membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Manokwari,” kata Werimon. Turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut Danramil 1801-01/Manokwari, Mayor Inf D. Mendrofa.

Tidak sampai di situ, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Papua Barat kembali akan membagikan masker gratis di beberapa SPBU di Kota Manokwari. SPBU menjadi salah satu area konsentrasi penegakan protokol kesehatan.

Pembagian masker masih merupakan rangkaian dari kegiatan pembagian 200 ribu masker gratis bagi warga Papua Barat selama 14 hari pascalebaran Idulfitri.

Derek mengimbau kepada semua petugas SPBU maupun petugas di terminal dan operator Damri memberlakukan pelaksanaan prokes bagi seluruh penumpang maupun pengunjungnya.

“Kalau ada warga yang tidak menggunakan masker harus dikasih masker, kalau membutuhkan masker silakan hubungi kami di nomor kontak 08114850141,” kata Derek.

Selain itu, Derek juga meminta melakukan pengisian bahan bakar di SPBU hanya sampai pukul 18.00 Wit.

“Beberapa hari ini kami evaluasi pelaksanaan prokes di Pertamina dan jajarannya termasuk di pengisian BBM belum berjalan maksimal. Termasuk di terminal dan juga Perum Damri,” jelas Derek.

Karena itu, menurut Derek, akan terus dipantau pelaksanaan prokes. BPBD meminta agar batas pengisian BBM di SPBU juga menjadi perhatian.

“Kami minta ketentuan ini dipatuhi Pertamina karena ini bagian dari kepatuhan prokes untuk menekan laju Corona,” imbuh Derek.

BPBD Papua Barat menyasar kawasan Wisata Pantai Pasir Putih untuk memastikan penerapan protokol kesehatan, pasca hari raya lebaran. Kesempatan itu dimanfaatkan untuk membagikan masker kepada pengunjung.

Pembagian masker gratis dilakukan kepada masyarakat yang berada di area publik dan sejumlah objek wisata di Manokwari. Objek vital ini menjadi perhatian karena menyedot banyak pengunjung.

Menurut Derek, selama 14 hari pascalebaran Idulfitri dan Kenaikan Yesus Kristus, BPBD Papua Barat akan membagikan masker gratis bagi warga di Papua Barat. Khusus di Manokwari akan dibagikan masker sebanyak 100 ribu masker.

Selama ini pembagian masker gratis difokuskan di lingkungan dan jalan raya dengan sasaran pengguna jalan.

Derek mengimbau kepada panitia penyelenggara event-event yang akan mengumpulkan banyak warga agar berkoordinasi dengan BPBD di tiap kabupaten/kota. Koordinasi penting agar bisa didistribusikan masker untuk para pengunjung.

Derek mengatakan, di tiap kunjungan Gubernur ke daerah, BPBD akan menyertakan masker dan hand sanitizer untuk ikut dibagikan kepada warga. Lewat pembagian masker ini diharapkan warga makin sadar untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. (LP2/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini