28.6 C
Manokwari
Minggu, April 14, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Baru 3 Parpol Daftarkan Bacaleg, KPU Bintuni Imbau tak Datang di Hari Terakhir

    Published on

    BINTUNI,Linkpapua.com – Hingga hari ke-11 pendaftaran bakal calon anggota legislatif di Kabupaten Teluk Bintunki, baru tiga partai politik yang mendaftarkan bacaleg ke KPU.
    Ketiganya yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

    Menurut Keterangan Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggara Eko P Utomo, sesuai PKPU Nomor 10, bahwa pengajuan bakal calon anggota legislatif, ada perbedaan antara tahun 2019 dengan 2024.

    “2024 ini pengajuan bakal calon, cukup berkas fisik yang dibawa adalah model B pengajuan parpol, kemudian Model B bakal calon yang dilampiri persetujuan dari DPP,” kata Eko.

    Baca juga:  Triwulan III 2022, DPB Teluk Bintuni Berkurang 4.757 Pemilih

    Eko mengatakan, berkaitan dengan persyaratan administrasi bakal calon legislatif, semuanya diunggah melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON). Dari hasil verifikasi awal tiga parpol yang telah mendaftar, semuanya telah diterima.

    KPU Teluk Bintuni mengimbau kepada seluruh parpol yang akan mengajukan bakal caleg agar tidak datang di hari – hari terakhir. Karena, dari 18 partai politik yang terdaftar, baru 3 yang telah mendaftarkan bakal caleg.

    Baca juga:  September 2023, Inflasi Tahunan Papua Barat 2,69 Persen

    “Anggap saja mereka (parpol) datang di tanggal 14, tentu ada konsekuensi waktu, apabila pada proses pengajuan kami lihat belum memenuhi ketentuan kami akan kembalikan, ketika kami kembalikan, Parpol masih bisa memperbaiki, tapi kalau datang di hari terakhir tentunya waktunya pendek, jangan sampai berimbas pada nanti pengajuannya kami tidak terima,” tegas Eko.

    Baca juga:  Malam ini Batas Akhir Perubahan DCT, KPU Mansel Masih Tunggu 4 Parpol

    Kepada parpol yang belum datang mendaftarkan bakal caleg, pihak KPU Teluk Bintuni membuka layanan Help Desk, guna membantu para operator SILON Parpol dalam proses penginputan berkas admistrasi pencalonan.

    “Kami juga menyediakan layanan internet, kemudian alat Scanner dan lain sebagainya, agar pada saat proses pengunggahan itu mereka lakukan disini kami dampingi, sehingga pada saat mendaftar tidak ada yang kurang,” pungkas Eko. (LP5/red) 

    Latest articles

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah  Tambrauw

    0
    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw resmi membuka tahapan penjaringan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    More like this

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah  Tambrauw

    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw...

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Gabriel Asem Sambangi Kediaman AFU: Tak Ada Pembicaraan Politik

    SORONG, linkpapua.com- Mantan Bupati Tambrauw Gabriel Asem menemui Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati...