27.9 C
Manokwari
Selasa, Februari 27, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Honorer 512 Tagih Janji Kapolda PB: Tuntaskan Kasus Pemalsuan dokumen CPNS!

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com– Forum Honorer 512 Nusantara berunjuk rasa di markas Polda Papua Barat, Selasa (2/5/2023). Massa meminta Kapolda Papua Barat serius menangani laporan dugaan pemalsuan dokumen pengangkatan CPNS 2018 di Papua Barat.

    Massa datang dengan menggunakan mobil pick up dan sebagian lagi menggunakan kendaraan roda dua. Massa sempat berorasi di pintu utama Mapolda sebelum di arahkan masuk ke dalam halaman Mapolda.

    Aksi dipimpin Ketua Forum Honorer Papua Barat Yan Rumbiak. Dalam orasinya Yan menagih janji Kapolda Papua Barat untuk menuntaskan proses hukum laporan kasus pemalsuan dokumen CPNS.

    Baca juga:  Termasuk Papua Barat, Kemendagri Atensi 10 Provinsi dengan Tingkat Inflasi Tertinggi

    “Sudah enam bulan sejak dilaporkan pada November 2022 hingga saat ini laporan kami hanya di tingkat penyelidikan. Kapolda harus serius bekerja menuntaskan kasus yang merugikan banyak orang ini ” kata Yan Rumbiak.

    Yan menegaskan bahwa pihaknya sempat diminta oleh pihak tertentu untuk mencabut laporan soal dugaan pemalsuan dokumen pengangkatan CPNS 2018.

    “Kami mencium aroma intervensi dari pihak tertentu untuk meminta kami mencabut laporan. Tapi saya tegaskan bahwa laporan ini tetap berlanjut hingga tuntas di Polda,” katanya.

    Seorang pendemo juga meminta Polda serius terutama Direktorat Kriminal Umum sebab laporan mereka ke Polda sudah sekian bulan, namun tak menunjukkan kemajuan.

    Baca juga:  Masyarakat Pegaf Minta Pembangunan Jalan Penghubung Antarkampung

    “Masa kami punya laporan lebih duluan masuk dari pada kasus Sambo tapi kami punya laporan masih dalam proses penyelidikan,” ucap honorer.

    Massa hanya melakukan orasi beberapa saat kemudian diarahkan ke ruangan pertemuan di Direktorat Kriminal Umum untuk diberikan penjelasan. Pengunjuk rasa diterima AKBP Robertus A Pandiangan, Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Papua Barat.

    “Hari Kamis pekan ini kami akan melakukan gelar perkara, menentukan status laporan ini dari Penyelidikan apakah bisa ke penyidikan,” kata AKBP Robertus.

    Baca juga:  DBH Migas Teluk Wondama Meroket Dua Kali Lipat, Sentuh Rp96 M

    Wadir mengatakan, sebanyak 30 lebih saksi telah dimintai keterangan dan sejumlah dokumen pendukung seperti SK dan kartu tanda penduduk KTP telah diamankan.

    “Sebanyak 30 saksi dari Terlapor dan pelapor serta beberapa saksi dari Inspektorat, BKD sudah kami periksa,” ucapnya.

    Disinggung soal ada dugaan intervensi, Wadir menegaskan sejauh proses penyelidikan laporan para honorer tidak ada yang mengintervensi penyelidikan.

    “Kita akan tuntaskan persoalan ini,” tegas Pandiangan.

    Aksi para Honorer 512 Nusantara Papua Barat itu sempat membuat jalan di depan pintu utama Mapolda Papua Barat mengalami macet. (LP2/red)

    Latest articles

    Kejati Papua Barat Tangkap DPO Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Babo, Diburu...

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat menangkap DPO kasus korupsi proyek pembangunan Pasar Rakyat di Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni. Upaya...

    More like this

    Kejati Papua Barat Tangkap DPO Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Babo, Diburu Sampai Mamasa Sulbar

    MANOKWARI,LinkPapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat menangkap DPO kasus korupsi proyek...

    Ratusan Personel Polda Papua Barat Tandatangani Pakta Integritas Dikbangum Polri T.A. 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepolisian Daerah Papua Barat melalui Biro SDM menggelar Penandatanganan pakta integritas serta pengambilan...

    Sekolah Apresiasi Program ‘Si Tarjal’ Polres Teluk Bintuni: Beri Rasa Aman

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Program Polisi Antar Jemput Anak Sekolah (Si Tarjal) Polres Teluk Bintuni mendapatkan...