28.6 C
Manokwari
Minggu, April 14, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Calon Taruna-Taruni Akpol Papua Barat Mulai Jalani Tes Kesehatan Hari ini

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapua.com– Penerimaan taruna-taruni Akpol, Bintara dan Tamtama memasuki tahapan pemeriksaan administrasi. Hari ini, Selasa (2/5/2023), dijadwalkan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan.

    “Saat ini memasuki pemeriksaan administrasi baik penerimaan taruna-taruni Akpol, Bintara maupun Tamtama,” jelas Karo SDM Polda Papua Barat Kombes Pol Sugandi kepada wartawan di halaman kantor Gubernur Papua Barat, Selasa (2/5/2023).

    Ia menjelaskan, hari ini adalah tes kesehatan pertama bagi taruna dan taruni Akpol. Jumlahnya 85 orang, terdiri dari 10 perempuan dan 75 calon taruna laki-laki. Sementara, pemeriksaan kesehatan untuk Bintara akan dimulai, Kamis lusa.

    Baca juga:  Mutasi Polri, Dirpamobvit dan 2 Pamen Polda Papua Barat Digeser

    “Kurang lebih 3.000 orang mengikuti tes. Kuota untuk Papua Barat belum ditetapkan nanti menjalani tes sampai akhir dan selanjutnya akan dilaporkan ke mabes jumlah yang tersisa akan dibagi oleh mabes,” kata Sugandi.

    Dia mengungkapkan, dengan adanya otonomi baru dan rencana pembentukan polda baru, memungkinkan akan ada penambahan kuota. Namun kepastian ini masih dirumuskan Mabes Polri.

    Baca juga:  Advokat Kecam Mutasi Aiptu Rudi Pandjaitan ke Polda Papua Barat: Mendiskreditkan Papua

    “Sementara ikut tes dulu dan nanti akan ada pembagian kuota dari mabes. Bintara ada tiga jalur yakni tugas umum, brimob, polair dan kompetensi khusus tenaga kesehatan (bakomsus),” paparnya.

    Sugandi secara khusus mengimbau kepada orang tua agar berhati-hati dalam proses rekrutmen ini. Sebab banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang kerap mengiming-imingi kelulusan bagi calon taruna.

    Baca juga:  Polda Papua Barat Gulung Komplotan Pengebom Ikan, Sejumlah Bahan Peledak Disita

    “Dalam tes berjalan kan ada yang gugur dan biasanya yang gugur akan dihubungi oleh pihak yang menjanjikan dan biasanya mengatasnamakan karo SDM untuk meluluskan. Saya minta berhati-hati. Jangan percaya dengan iming-iming,” ungkap Sugandi.

    Dia mengaku sebagai bentuk pengawasan, Mabes Polri telah menyediakan nomor aduan. Jika terjadi penipuan dapat segera melaporkannya.

    Sugandi memastikan bahwa rekrutmen anggota Polri tidak dipungut biaya alias gratis. (LP9/red)

    Latest articles

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah  Tambrauw

    0
    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw resmi membuka tahapan penjaringan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    More like this

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah  Tambrauw

    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw...

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Gabriel Asem Sambangi Kediaman AFU: Tak Ada Pembicaraan Politik

    SORONG, linkpapua.com- Mantan Bupati Tambrauw Gabriel Asem menemui Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati...