27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Pemilih di Wondama Menyusut 846 Orang, KPU Sebut Ada Nama Ganda

    Published on

    WASIOR, linkpapua.com– Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Teluk Wondama menetapkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sebanyak 26.794 pemilih. Jumlah pemilih dalam DPSHP menurun dibanding daftar pemilih sementara (DPS).

    Di mana berdasarkan DPS tercatat ada 27.640 pemilih. Artinya terjadi penyusutan sebanyak 846 pemilih.

    Angka itu terdiri dari 13.786 pemilih laki-laki dan 13.008 perempuan yang tersebar pada 143 tempat pemungutan suara (TPS).

    “DPSHP yang ditetapkan hari ini adalah hasil kerja penyelenggara setelah menerima masukan dan tanggapan masyarakat,“ kata Ketua KPU Teluk Wondama Monika Elsy Sanoi pada rapat pleno terbuka di aula SMPN Wasior, Kamis malam lalu.

    Baca juga:  Pendukung Ganjar, Prabowo, dan Anies Bersama-sama Serukan Pemilu 2024 Damai

    Sesuai laporan PPD (panitia pemilihan distrik) perubahan jumlah pemilih dalam DPSHP terjadi karena temuan nama ganda serta pemilih yang sudah meninggal dunia.

    Terkait itu Bawaslu meminta KPU agar melakukan pencermatan kembali terhadap DPSHP dalam masa perbaikan selanjutnya sehingga bisa diperoleh daftar pemilih yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

    Baca juga:  Pileg 2024, Satu Kursi di DPRD Wondama 'Dibanderol' 2.251 Suara

    “KPU dan kita semua punya tanggung jawab yang sama untuk menghadirkan data pemilih yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan dengan memastikan mereka yang tidak berhak dikeluarkan dari daftar pemilih dan mereka yang berhak harus diakomodir sebagai pemilih, “kata komisioner Bawaslu Divisi Pengawasan Epianus Rawar.

    Ketua KPU Teluk Wondama juga mengimbau partai politik agar proaktif melakukan pencermatan terhadap daftar pemilih sementara yang telah ditetapkan KPU sehingga pada akhirnya bisa diperoleh daftar pemilih yang akurat.

    Baca juga:  3 Penambang yang Hilang di Kali Wasirawi Belum Ditemukan, Basarnas Lanjutkan Pencarian

    “Sangat diharapkan kerja sama yang baik dari pimpinan partai politik, Bawaslu dan kita semua yang mempunyai hak suara untuk berkewajiban memberikan tanggapan dan masukan,”

    “Sehingga data (pemilih) yang akan kita tetapkan secara berjenjang menjadi DPT merupakan data yang valid, akurat dan dapat dipercaya,“ pesan Monika Sanoi. (Rex)

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Masyarakat dan Legislator DPRD Manokwari Selatan Palang Kantor BPKAD

    MANSEL, LinkPapua.com - Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari Selatan...

    Nobar Final Liga Champions 2024, PRMI Manokwari Tawarkan Doorprize Menarik

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pena Real Madrid de Indonesia (PRMI) akan mengadakan acara nonton bareng...