28.6 C
Manokwari
Minggu, April 14, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Pertemuan Tahunan BI Diharap Jadi Momentum Kolaborasi Stakeholder Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) diharapkan menjadi momentum kolaborasi BI dengan stakeholder untuk mendorong koordinasi dan sinergi dalam menjaga tingkat inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Papua Barat.

    “Kondisi perekonomian sepanjang 2022 terus menunjukkan perbaikan meski disertai berbagai tantangan. Fenomena pandemi Covid-19, tensi geopolitik, hingga ketidakpastian iklim menjadi tantangan nyata yang telah kita hadapi bersama,” kata James Wilson Lumbantobing, Deputi Bidang Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan BI Papua Barat dalam pertemuan di salah salah hotel di Manokwari, Rabu (30/11/2022).

    Baca juga:  Usulan Penambahan Kuota BBM, Senator Papua Barat Minta Pengawasan Distribusi Jadi Perhatian

    Perbaikan ekonomi domestik, kata dia, tidak terlepas dari respons kebijakan dan sinergi yang kuat antara BI, pemerintah, dan otoritas terkait di tiap lini.

    Baca juga:  Momentum HUT TNI Ke-77, Ini Harapan Dominggus Mandacan

    “Kebijakan nasional dan daerah telah mendorong optimisme dan akselerasi pemulihan ekonomi, baik di tingkat nasional maupun daerah,” ungkapnya.

    PTBI merupakan puncak high level event BI yang telah dilaksanakan secara rutin sejak 1969. Agenda utamanya adalah pemaparan pandangan BI terkait kondisi perekonomian nasional, tantangan yang dihadapi, arah kebijakan BI ke depan, hingga arahan Presiden RI mengenai kebijakan pemerintah ke depan.

    Baca juga:  Distribusi Uang Baru Tahun Emisi 2022, BI Papua Barat Siapkan Tiga Gerai

    Menurut James, sinergi dan inovasi merupakan kunci bagi Indonesia dalam melewati berbagai tantangan perekonomian di tengah pesatnya perubahan dan ketidakpastian yang kian kompleks. Dia menilai, pencapaian kinerja BI tentu terlepas dari sinergi dengan berbagai stakeholder. (LP9/Red)

    Latest articles

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di Masjid Al Kautsar, Jalan Esau Sesa, Manokwari, Minggu (14/4/2023). Halal...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    Pesan Toleransi dan Persatuan dari LDII

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...