26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Sekda Papua Barat Sebut ASB Penting dalam Penyusunan Anggaran

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat, Nataniel D. Mandacan, membuka resmi kegiatan focus group discussion (FGD) dan asistensi penyusunan analisis standar belanja (ASB) Papua Barat, Senin (12/9/2022).

    Menurut Nataniel, FGD dan ASB ini merupakan salah satu instrumen penting yang diamanatkan peraturan dalam menyusun perencanaan dan penganggaran daerah.

    “Anggaran daerah dalam konteks otonomi dan desentralisasi menduduki posisi yang sangat penting. Namun, saat ini kualitas perencanaan anggaran daerah yang digunakan masih relatif lemah. Lemahnya perencanaan anggaran juga diikuti dengan ketidakmampuan,” kata Nataniel.

    Baca juga:  Berkunjung ke Teluk Bintuni, Ali Baham: Tak Boleh Ada yang Merongrong Rasa Aman

    Nataniel mengatakan, pemerintah daerah meningkatkan penerimaan daerah secara berkesinambungan. Sementara, pengeluaran terus meningkat secara dinamis, tetapi tidak disertai penentuan skala prioritas dan besarnya plafon anggaran.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat akan utus tujuh penjabat bupati

    Menghindari permasalahan yang timbul dan agar pengeluaran anggaran daerah berdasarkan pada kewajaran ekonomi, efisien, dan efektif, lanjut Nataniel, anggaran daerah harus disusun berdasarkan kinerja yang akan dicapai daerah.

    “Dengan menggunakan anggaran kinerja, maka anggaran daerah akan lebih transparan, adil, dan dapat dipertanggungjawabkan,” ucapnya.

    Nataniel mengungkapkan, salah satu instrumen yang diperlukan untuk menyusun anggaran daerah dengan pendekatan kinerja adalah ASB.

    Baca juga:  Markus Fatem Minta Pemprov Perhatikan Pengembangan Konservasi Papua Barat

    Dia mengingat pentingnya penyusunan ASB sebagai komponen dasar pengukuran kinerja keuangan dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

    Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebagai wadah komunikasi antarinstansi yang mempunyai tugas pokok dan fungsi di bidang perencanaan, dipandang perlu untuk memantapkan dan memberikan bobot dalam mengoordinasikan penyusunan ASB. (LP9/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...