25.4 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
25.4 C
Manokwari
More

    Waterpauw Kenang Awal jadi Pj Gubernur PB: UU Otsus Ditolak, tapi Akhirnya Didukung

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Paulus Waterpauw berbicara tentang awal-awal dirinya diangkat menjadi Pj Gubernur Papua Barat. Saat itu ia langsung dihadapkan pada tugas urgen merealisasikan UU Otonomi Khusus No 2 Tahun 2021.

    Kata Waterpauw, tak mudah mewujudkan terbitnya UU Otsus. Berbagai kalangan di Papua menolak.

    “Saya dihadapkan pada persoalan serius waktu itu. Karena saya harus meyakinkan teman teman di Papua bahwa UU Otsus untuk kemaslahatan bersama,” kenang Waterpauw di sela sela penyerahan memori jabatan Pj Gubernur PB, Kamis (9/11/2023).

    Penolakan datang dari berbagai elemen. Dari para aktivis, ormas, dan kelompok pemuda. Bahkan di DPR PB juga awalnya mayoritas menolak.

    Baca juga:  Kutuk Penyerangan Prajurit TNI di Maybrat, Bupati Manokwari: Basmi Kelompok Teroris Ini!

    “Tapi saya selalu yakin bahwa saya bisa meyakinkan teman teman bahwa UU Otsus bukan untuk mendiskreditkan Papua. Tapi sebaliknya memberi keistimewaan pada tanah Papua,” terang dia.

    “Puji Tuhan semua yang hadir tanda tangan menyatakan mendukung kebijakan pemerintah pusat. Dukung 3 Provinsi yang telah ditetapkan pemerintah pusat. Itu tugas pertama saya yang cukup menantang tapi juga selalu saya kenang,” ujar Watetpauw.

    Waterpauw mengatakan, sekarang dirinya akan menjalani fase baru sebagai pensiunan Polri. Tetapi kata dia, pengabdian pada negeri dan tanah Papua tak berhenti sampai di sini.

    Meski telah purnabakti ia bertekad tetap memberikan sumbangsih.

    “Saya sudah pensiun tapi jiwa pengabdian saya masih menyala nyala. Saya ingin terus memberi untuk tanah ini. Untuk negeri tercinta ini,” paparnya.

    Baca juga:  Lepas Kontingen Jambore Nasional XI, Waterpauw: Harumkan Kwarda Papua Barat

    Kepada semua elemen di Papua Barat, Waterpauw berpesan agar jangan lengah. Papua selalu menjadi persoalan utama di negara ini. Dan negara memberi perhatian besar pada tanah Papua.

    “Saya juga ingatkan agar masyarakat selalu diperhatikan. Air bersih, masih banyak warga yang mandi di kali. Begitu juga guru, tenaga kesehatan harus mendapat perhatian.

    “Pelayanan dasar yang belum maksimal dan sangat penting. Tantangan, kebiasaan warga selama covid membuat warga terkesan malas dan belum mau bekerja. Nah ini tugas utama dari OPD terkait untuk mengubah kebiasaan itu,” ucapnya.

    Baca juga:  Kabar Gembira! Gaji 3.230 ASN Teluk Bintuni Akhirnya Cair

    Kepada Sekda dan seluruh pimpinan OPD dibantu Forkopimda, Waterpauw mengatakan, menjadi corong utama yang bisa menyuarakan berbagai persoalan. Seperti kurang gizi, stunting, kemiskinan ekstrem serta anak putus sekolah.

    “Pj Gubernur Ali Baham dan Plt Sekda Fonataba diminta bergerak bersama mewujudkan Papua Barat yang lebih baik lagi. Dibantu semua kepala daerah yang ada. Pembangunan di ibukota provinsi tetap dilanjutkan agar menjadi corong pintu masuk Papua Barat,” pinta Waterpauw.

    Menurutnya, Papua Barat hari ini sudah cukup dikenal. Keberhasilan itu agar dipertahankan ke depan. Kata Waterpauw, ini menjadi tanggung jawab bersama. (LP1/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan Presiden Joko Widodo kepada pengurus Masjid Pondok Pesantren Darussalam SP...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden ke Ponpes Darussalam Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan...

    Hadiri Penamatan SD YPPK Santa Sisilia, Hermus Sampaikan Pentingnya Pendidikan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SD YPPK Santa Sisilia Manokwari menggelar penamatan bagi siswa kelas VI pada...

    Kembali Menang di Papua Barat, Golkar Bangga Dengan Kepemimpinan PW  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sebagai pemenang Pileg 2024 di Papua Barat, DPD Partai Golongan Karya (Golkar)...