27.1 C
Manokwari
Selasa, Juli 16, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    Keterbukaan Anggaran Covid-19, Samsudin: Banyak OPD Tidak Paham Mekanisme

    Published on

    MANOKWARI -Lembaga NAYAK SOBAT OASE Mengajukan permintaan informasi publik berkaitan dengan penggunaan anggaran Covid-19 di 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari.

    11 OPD yang dimaksud yakni Gugus Tugas Covid Kabupaten Manokwari dan Provinsi Papua Barat,DPRD Kabupaten Manokwari dan DPR Provinsi Papua Barat, Bappeda Kabupaten Manokwari dan Bappeda Provinsi Papua Barat, BPKAD Kabupaten Manokwari dan Provinsi Papua Barat, PPID Utama Kabupaten Manokwari dan Provinsi Papua Barat dan DPMK Kabupaten Manokwari.

    Baca juga:  Lepas 100 Tukik di Pantai Jeen Syuab, Markus Fatem: Setop Bunuh dan Berburu Penyu Belimbing!

    Samsudin Renuat, Program Ofiser Mnukwar Papua mendampingi Nayak Sobat Oase mengakui pihaknya dan teman LSM lain sedang melakukan uji akses terkait dengan anggaran Covid-19.

    “Terbukti, dari hasil tersebut hampir sebagian besar OPD tidak begitu paham soal mekanisme (prosedur) pengelolaan informasi publik. Seperti kita ketahui bersama, anggaran ini cukup besar. Sehingga harus mendapatkan pengawasan dari masyarakat, dan juga lembaga lembaga yang perhatian akan situasi ini,” ujar Renuat baru-baru ini.

    Baca juga:  Legislator DPR PB Xaverius Kameubun Serahkan Bantuan Korban Kebakaran Kampung Umcen

    Dari 11 instansi di Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari yang diajukan, hanya tiga OPD yang menjawab dan delapan lainnya tidak ada respon sama sekali.

    Baca juga:  Pimpin Rapat Persiapan Hari Jadi Kota Manokwari, Hermus ke OPD: Buat Kegiatan Berbiaya Murah

    “Lima OPD telah kami ajukan keberatan sisanya masih dalam proses,” ucapnya.

    Dirinya mengatakan selain melakukan permohonan informasi seputar anggaran Covid, pihaknya juga melihat sejauh mana pemahaman setiap OPD di Manokwari dan juga Provinsi Papua Barat, dalam mengimplementasikan Undang undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi Publik. (*/Red).

    Latest articles

    TNI-Polri Ingatkan Bahaya Penggunaan Senpi-Handak: Ancamannya Hukuman Mati!   

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Teluk Bintuni menyelenggarakan penyuluhan tentang bahaya penggunaan dan penyalahgunaan senjata api dan bahan peledak bagi...

    More like this

    MRPB : Pimpinan DPRP dan DPRD Harus Orang Asli Papua

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) menegaskan kembali pentingnya representasi penuh bagi Orang...

    Jelang Tampil di PON, Atlet Dayung Papua Barat Butuh Dukungan Maksimal

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) provinsi Papua Barat menyiapkan 32 atlet...

    Bupati Petrus Kasihiw Geser 5 Pejabat, Sekretaris Bapenda jadi Kasatpol PP

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Gerbong mutasi di Pemkab Teluk Bintuni bergerak lagi. Kali ini Bupati Petrus...