27.9 C
Manokwari
Jumat, Mei 24, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Dipimpin Pangdam XVIII/Kasuari, 45 Peserta Ikuti Sidang Pemilihan Calon Bintara

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, memimpin langsung sidang pemilihan Calon Bintara (Caba) Prajurit Karier (PK) Reguler Pria TA 2021 TNI AD Sub Panitia Pusat (Subpanpus) Kodam XVIII/Kasuari di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Selasa (21/9/2021).

    Sidang diikuti 45 peserta calon prajurit Bintara TNI AD yang sebelumnya telah mengikuti berbagai tahapan seleksi hingga tahap sidang pemilihan. Pada sidang ini akan dipilih calon prajurit yang akan mengikuti pendidikan untuk menjadi prajurit Bintara TNI AD.

    Baca juga:  172 Pemuda Papua Barat Jalani Tahapan Pantukhir Cata TNI AD

    Pada kesempatan ini, Pangdam membacakan sambutan Asisten Personel (Aspers) Kasad, Mayor Jenderal TNI Wawan Ruswandi/.

    Pada sambutannya, Aspers mengatakan penyediaan prajurit TNI AD pada hakikatnya merupakan upaya meregenerasi prajurit TNI AD melalui kegiatan seleksi untuk mendapatkan prajurit TNI AD sesuai dengan kualitas dan kuantitas yang dibutuhkan TNI AD.

    Ia menambahkan, salah satu kebijakan pimpinan TNI AD yaitu keterwakilan suku dari tiap-tiap daerah mulai dari suku paling barat di Aceh sampai dengan suku paling timur di Papua dalam perekrutan.

    Baca juga:  Hermus Indou: Eksistensi GKI Sudah Terbukti Sebagai Gereja Sulung di Tanah Papua

    “Sehingga untuk mendukung hal tersebut selain memilih calon prajurit yang memenuhi syarat dengan kualitas SDM yang unggul juga harus mempertimbangkan aspek keterwakilan suku yang sudah ditentukan sesuai pembagian alokasi zonasi per Kodim,” ujarnya.

    Ia menjelaskan, prajurit Bintara selain sebagai unsur pelaksana juga sebagai pemimpin dalam hubungan regu. Dalam sejarahnya Bintara dibentuk sebagai tulang punggung satuan dan sebagai penghubung antara Perwira dengan Tamtama.

    “Tugas berat tersebut menuntut kriteria calon harus memiliki kualitas yang mumpuni yang mampu melaksanakan tugas dengan kompleksitas yang cukup tinggi di masa yang akan datang,” tuturnya.

    Baca juga:  Satu Prajurit TNI Tewas Ditembak TPNPB OPM di PBD

    Aspers berharap, kegiatan ini betul-betul dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memilih calon yang berkualitas.

    “Saya juga berharap peserta sidang memperhatikan setiap calon secara saksama dari tinjauan berbagai aspek yang objektif dan meninggalkan berbagai kepentingan pribadi,” pungkasnya.

    Ikut dalam kegiatan ini Wakil Ketua Subpanpus, Sekretaris, dan para Katim Rik/Uji tingkat pusat serta seluruh peserta sidang Pantukhir tingkat Subpanpus. (*)

    Latest articles

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan gubernur (Pilgub) Papua Barat 2024. Kepastian itu setelah tim kerja Wahidin...

    More like this

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan...

    Pit Mandacan Daftar di Perindo Maju Pilkada Mansel 2024

    MANSEL,LinkPapua.com - Pit Mandacan resmi mendaftarkan diri di DPD Partai Perindo Manokwari Selatan (Mansel)...

    AMPI Papua Barat Kecam Pernyataan Qodari yang Sebut Golkar Berkhianat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Plt Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Papua Barat Guntur Setiawan...