Sabtu, Januari 28, 2023
27 C
Manokwari
27 C
Manokwari
Sabtu, Januari 28, 2023

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

Kasus Tambang Ilegal di Isim Diduga Mangkrak, Polres Mansel akan Usut

MANSEL, linkpapua.com- Polres Manokwari Selatan menuai sorotan menyusul dugaan pembiaran aktivitas penambangan yang pernah terjadi di Dataran Isim. kasus ini seolah-olah dibiarkan.

Ditemui di ruang kerjanya Senin (07/11) kasat Reskrim Polres Manokwari Selatan Iptu Edward J Purba mengatakan, dirinya belum tahu persis dan tidak menerima berkas terkait adanya aktivitas penambangan di Isim, sedangkan hasil investigasi kasat Reskrim yang lama mengakui adanya aktifitas tambang galian C di wilayah itu dan terindikasi melakukan pelanggaran-pelanggaran.

“Saya kan baru, memang ada beberapa kasus yang sebelumnya sudah berjalan sebelum saya masuk dan sementara masih berjalan. Tapi mengenai dugaan pelanggaran penambangan minerba saya tidak terima berkasnya. Soal pengolahan kayu memang sudah dilimpahkan ke pihak kehutanan sebelum saya dilantik sebagai kasat reskrim, sementara untuk galian C saya tidak dengar sama sekali” ungkap Edward.

Sementara itu, data yang berhasil dikumpulkan, dugaan pelanggaran terkait tambang galian C di wilayah Isim sudah diinvestigasi oleh pihak Polres Mansel beberapa waktu lalu. Tim saat itu dikoordinir Kasat Reskrim sebelumnya, AKP Otto Woof.

Baca juga:  110 Calon Siswa Polri Wilayah Polres Mansel Lulus Rikmin Awal
Baca juga:  110 Calon Siswa Polri Wilayah Polres Mansel Lulus Rikmin Awal

Hasilnya, ada dua jenis kegiatan yang diduga berpotensi terjadi pelanggaran. Yakni pengolahan kayu dan tambang galian C.

Hanya saja Polres akan menangani kasusnya secara bertahap.Penyidik akan lebih dulu menangani dugaan pelanggaran hukum terkait pengolahan kayu. Sementara untuk aktivitas penambangan baru dilakukan pendekatan secara lisan oleh kasat tim.

kasus tambang minerba inilah yang sedang menjadi atensi publik. Sebab sampai saat ini tim belum menunjukkan progres dalam penanganan.

Meski mengaku tidak menerima berkas terkait kegiatan penambangan minerba di wilayah Isim, Edward akan menelusuri kembali informasi yang ada. Namun ia mengaku belum bisa menargetkan waktu.

“Sebab kondisi komposisi personel di Polres Mansel khususnya di Reskrim masih sangat terbatas. Kami masih kekurangan SDM,” imbuhnya. (LP6/red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here