28.6 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Cakupan Vaksinasi Covid-19 Capai 18,10 Persen, Gubernur Papua Barat Terus Ingatkan Prokes

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, terus mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran Covid-19, meskipun status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) provinsi ini telah turun menjadi level 2.

    “Sekarang PPKM kita sudah level 2, tetapi sekalipun sudah ada kelonggaran protokol kesehatan tidak boleh dilupakan. Protokol kesehatan harus tetap diterapkan karena melawan pandemi Covid-19 adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama,” kata Dominggus saat ditemui Linkpapua.com, Minggu malam (26/9/2021).

    Baca juga:  Kekerasan Seksual Anak di Papua Barat Dominan, Dinas PPA: Dipicu Lingkungan

    Selain mengingatkan kembali soal disiplin protokol kesehatan, mantan Bupati Manokwari dua periode itu juga mengungkap, pemerintahannya bersama institusi penegak hukum akan terus berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19.

    “Vaksinasi akan kita tingkatkan terus. Target kita cakupan vaksinasi capai 50 persen di September ini. Untuk itu, masyarakat yang belum vaksin, mari datangi puskesmas, rumah sakit, atau posko-posko vaksinasi massal yang dilaksanakan TNI-Polri,” ujar Dominggus. “Vaksin itu supaya daya tahan tubuh kuat, terhindar dari risiko Covid-19,” katanya lagi.

    Baca juga:  15 Raperda PB Kelar, Raperdasi RTRW Dipending, Tunggu Izin Kemendagri

    Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Papua Barat hingga Sabtu 25 September 2021, jumlah masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi dosis tahap kedua sebanyak 144.366 orang atau 18,10 persen dari total target sasaran.

    Sementara, jumlah masyarakat yang telah disuntik vaksin Covid-19 dosis tahap pertama sebanyak 237.651 orang atau secara persentase telah mencapai angka 19,80 persen dari total target sasaran.

    Baca juga:  Ketua BKPRMI Manokwari Lantik 5 Pengurus Tingkat Distrik/Kecamatan

    Pemerintah menargetkan sasaran vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) di Papua Barat, yaitu sebanyak 797,402 orang atau 70 persen dari jumlah penduduk tiap kabupaten/kota.

    Cakupan target itu terdiri atas petugas-pelayanan publik, tenaga kesehatan, warga lanjut usia, masyarakat rentan termasuk ibu hamil, serta masyarakat umum termasuk anak-anak usia 12 sampai 17 tahun. (CP/Red)

    Latest articles

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024. Kemenkumham dinobatkan...

    More like this

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...

    Penerimaan Bintara Polri dan Akpol Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Proses seleksi Polda Papua Barat memasuki tahap akhir. Dari 8.000 peserta di...