27.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Jelang Musyawarah, IPSS Papua Barat Diharapkan Lebih Inklusif dan Partisipatif

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com Tokoh Pemuda Toraja dan Luwu di Papua Barat, Patrix Barumbun Tangdirerung menyebut elemen pemuda Toraja dan Luwu menyambut baik rencana pelaksanaan musyawarah Ikatan Pemuda Sulawesi -Selatan Provinsi Papua Barat. Meski begitu, IPSS kedepan diharapkan dikelola secara inklusif dan partisipatif.

    “Anatomi pemuda Sulsel di Papua Barat sangat beragam baik latar etnis, keyakinan maupun lingkup profesi. Dari sisi sumberdaya pun potensi yang ada lebih dari cukup untuk memboboti performa IPSS. Semua potensi wajib dirangkul tanpa mendahulukan prasangka primordial yang sempit, seperti semangat kedaerahan, keyakinan, kelompok dan lainnya,” kata Patrix yang juga adalah Koordinator Steering Commitee musyawarah IPSS Papua Barat.

    Menurut Patrix, tim SC sudah memboboti materi sidang yang akan dibahas pada forum musyawarah yang rencananya akan digelar bersamaan dengan Muswil KKSS dan IWSS Papua Barat.

    Baca juga:  IPSS Bintuni Siap Jaga Soliditas dengan TNI/Polri Menuju Pemilu 2024

    “Tugas SC mengarahkan agar materi-materi sidang tidak keluar dari norma AD/ART IPSS tapi juga bisa menjawab kebutuhan organisasi kedepan. Misalnya pada program, tata kelola organisasi dan lainnya, kekurangan dalam draf sidang terbuka untuk didiskusikan pada forum musyawarah,” ujar Penasehat Ikatan Pemuda Luwu Raya Papua Barat dan lkatan Pemuda Toraja Manokwari ini, Sabtu (16/10) di Manokwari.

    Panitia pelaksana menurut Patrix sudah mendistribusi draft sidang ke para peserta yang terdiri dari utusan IPSS Kabupaten/Kota se- Papua Barat termasuk organisasi kepemudaan daerah Sulsel tingkat provinsi.

    “Draft tersebut bisa menjadi bahan kajian di masing-masing daerah dan pilar sehingga bisa menjadi masukan yang konstruktif dalam forum musyawarah. Musyawarah akan digelar secara hibryd. Yang mengikuti secara offline adalah IPSS Manokwari dan pilar pemuda tingkat provinsi di Papua Barat dan peserta dari luar Manokwari akan mengikuti secara online,” katanya.

    Baca juga:  Ketua KPK Firli Bahuri Ditetapkan Tersangka Kasus Pemerasan SYL

    Soal idealitas IPSS kedepan, Patrix mengatakan bahwa semangat awal pendirian IPSS di Manokwari adalah untuk menyatukan potensi kepemudaan Sulsel, menjadikan IPSS sebagai mediator, motivator, fasilitator dan pusat koordinasi potensi kepemudaan Sulsel. Ini semacam wewenang yang bersifat delegatif dari KKSS sebagai induknya. Itu sebabnya sinergitas IPSS dengan KKSS menjadi mutlak.

    IPSS kemudian berkembang pengorganisasiannya hingga tingkat provinsi di Papua Barat. Menurut Patrix, ini adalah langkah maju dan praktik cerdas pengorganisasian yang bisa ditularkan secara nasional sehingga kelembagaan IPSS bisa hadir di seluruh Indonesia.

    Baca juga:  3 Anggota TPNPB Wilayah 3 Domberai Serahkan Diri

    “Diharapkan dari musyawarah agar ada rekomendasi strategis ke bidang kepemudaan BPP KKSS untuk membuka ruang koordinasi nasional bidang kepemudaan,” kata mantan Wakil Ketua KNPI Papua Barat ini.

    Di sisi lain, sebagai organisasi pemuda diaspora Sulsel, IPSS idealnya “membumi” dan mampu bersinergi dengan elemen pemuda lainnya di wilayah perantauan. Bukan hanya dalam lingkup pemuda Sulsel.

    IPSS pun diharapkan menjadi jembatan komunikasi KKSS di bidang kepemudaan dengan potensi kepemudaan di masing-masing wilayah. Prinsipnya dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.

    “Semangat dasar pendirian inilah yang harus dijiwai dan dipantulkan pada program IPSS kedepan, tidak hanya semangat berlembaga atau berkumpul,” imbuhnya. (LP2/red)

    Latest articles

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP...

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan visi dan misinya sebagai bakal calon bupati (bacabup) Sorong Selatan...

    More like this

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP PKB

    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan...

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...