Selasa, September 21, 2021
26.2 C
Manokwari
26.2 C
Manokwari
Selasa, September 21, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

140,805
Total Kematian
Updated on Tuesday, 21 September 2021, 22:07 10:07 pm
52,447
Total Kasus Aktif
Updated on Tuesday, 21 September 2021, 22:07 10:07 pm
4,195,958
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Tuesday, 21 September 2021, 22:07 10:07 pm

Bupati Teluk Bintuni dan Stafsus Presiden Luncurkan Petani Milenial di Kampung Amutu

BINTUNI, Linkpapua.com- Pemerintah terus melakukan terobosan dalam meningkatkan produksi pertanian di berbagai komoditas melalui peningkatan minat generasi muda.

Rabu (18/8/2021), Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, bersama Staf Khusus (Stafsus) Presiden Indonesia, Billy Mambrasar, meluncurkan petani milenial sekaligus penyerahan bantuan usaha micro kecil meneggah (UMKM) di Kampung Amutu, Distrik Babo.

Pemerintah pusat memang telah membuat rencana program untuk mendukung program 2,5 juta petani milenial yang ada di Kementerian Pertanian (Kementan). Selain itu, pelatihan di berbagai provinsi yang ditargetkan bisa mencetak 100 ribu petani milenial.

Petrus Kasihiw mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan agar memberdayakan masyarakat, secara khusus pemuda, dalam rangka mewujudkan perbaikan ekonomi lebih di sektor pertanian.

“Saya berharap dengan kegiatan ini dapat membuahkan hasil yang baik. Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni akan memprioritaskan pertanian,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Bupati menyerahkan bantuan usaha senilai Rp4 juta untuk dua orang mama-mama orang asli Papua (OAP).

Simon Tabuni, peraih beasiswa S2 Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan telah menyelesaikan studinya di University of London, Inggris, hadir pada kesempatan ini.

Baca juga:  Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI, Warga Distrik Maskona Minta Akses Jalan Penghubung

Simon Tabuni mengatakan, “Pemuda-pemudi yang nol, yang tidak punya skill di bidang pertanian, kita akan dorong lewat pelatihan. Kita berkoordinasi dengan kementerian. Ke depan kita juga akan berkoordinasi dengan dinas pertanian.”

“Terkait dengan UMKM, kami juga mendorong mama-mama, bukan anak muda saja. Di Manokwari saya buka toko sayur untuk menjual produk pertanian dan perikanan. Kami bantu jual atau mendistribusikan hasil mereka,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop UKM) Teluk Bintuni, Yulianus Bandhi, meminta kepada masyarakat agar memanfaatkan dengan baik bantuan yang diberikan.

Peluncuran petani milenial di Kampung Amutu turut dihadiri Dandim 1806/TB, Letkol Inf Kadek Abriawan, Kepala dinas pertanian Saiful Kilian, Kepala Dinas Perikanan, Widiyaningsih Sri Utami, Kepala Dinas Perhubungan, Viktor Rerehena, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Rauf Iribaram, Kepala Dinas Perindagkop UKM, Yulius Bandi, dan Kabag Humas dan Protokoler Dominggus Patikawa. (LP5/red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here