Kamis, Oktober 28, 2021
26.3 C
Manokwari
26.3 C
Manokwari
Kamis, Oktober 28, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

143,299
Total Kematian
Updated on Thursday, 28 October 2021, 01:40 1:40 am
12,735
Total Kasus Aktif
Updated on Thursday, 28 October 2021, 01:40 1:40 am
4,241,809
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Thursday, 28 October 2021, 01:40 1:40 am

Program CFW Digulir di Manokwari, Ditarget Kurangi Wilayah Kumuh

MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Manokwari Hermus Indou, Selasa (27/4/2021) menandai dimulainya program Kegiatan Padat Karya Tunai/Cash For Work (CFW) program Kotaku yang dipusatkan di Kampung Udopi. Program Kementerian Pekerjaan Umum ini adalah bagian dari upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Papua Barat Marsudi mengungkapkan, Manokwari merupakan daerah kedua di Papua Barat yang melaunching program ini.

“Ini merupakan program strategis PUPR untuk pemulihan ekonomi melalui program padat karya. Selain itu ini juga merupakan penyiapan peningkatan infrastruktur dasar,” ujar Marsudi.

Marsudi menekankan agar program ini mendapatkan perhatian serius. Karena merupakan bagian dari pemberdayaan yang prinsipnya mendorong partisipasi masyarakat.

“Meskipun dikerjakan oleh masyarakat tetapi tetap berkualitas dan berkelanjutan karena dilakukan pendampingan. Sebelum di Manokwari, tahun lalu dilaksanakan di kota Sorong. Diharapkan ini juga bisa mengurangi wilayah kumuh di Manokwari,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Manokwari Hermus Indou mengungkapkan akibat pandemi Covid-19 juga berdampak ke sektor ekonomi. Sehingga dibutuhkan terobosan terobosan yang bisa mempercepat pemulihan.

“Dengan berbagai kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah konsekuensinya adalah menurunnya pendapatan masyarakat. Program PKT dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat sebagai pelaksana pembangunan, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerja sederhana yang tidak membutuhkan teknologi. Diharapkan manfaatnya dapat langsung memberikan kontribusi pada program pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19,” jelas bupati.

Program PKT akan dipusatkan di sejumlah kelurahan di distrik Manokwari Barat. Total anggaran untuk program ini mencapai Rp 1,5 miliar dengan target menyerap 150 tenaga kerja.(LP3/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here