28 C
Manokwari
Selasa, Mei 28, 2024
28 C
Manokwari
More

    Vaksinasi Dosis Pertama tak Capai 40%, Level PPKM akan Dinaikkan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Instruksi Mendagri tentang PPKM mengalami sejumlah perubahan. Salah satunya mengenai capaian vaksinasi sebagai indikator penetapan level PPKM.

    Poin penting dalam perubahan itu adalah daerah yang capaian vaksinasi dosis pertamanya masih di bawah 40% maka level PPKM-nya akan dinaikkan. Ketetapan ini tertuang dalam Inmendagri yang berlaku 19 Oktober hingga 8 November 2021.

    Penetapan level wilayah pada instruksi tersebut berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

    Instruksi tersebut berlaku di luar Pulau Jawa yang mencakup wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua, termasuk Papua Barat. Instruksi ini pun sudah dan akan diberlakukan.

    Baca juga:  Maxi Ahoren: Pemilu Momen Bersejarah, Warga Harus Ikut Jaga Kedamaian

    Berdasarkan instruksi tersebut, Pemerintah pusat menetapkan wilayah Kabupaten Manokwari, Fakfak, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Maybrat, dan Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) masuk kriteria PPKM Level 2.

    Sedangkan, wilayah Kabupaten Sorong, Sorong Selatan (Sorsel), Tambrauw, Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), dan wilayah Kota Sorong, dinyatakan masuk dalam kriteria PPKM Level 3.

    Sementara, berdasarkan data Dinas Kesehatan Papua Barat, dalam 24 jam terakhir per Kamis 20 Oktober 2021, capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama telah mencapai angka 33,5 persen atau 266.843 orang.

    Baca juga:  Satgas Covid-19 Papua Barat: Varian Delta di Balik Peningkatan Pasien Positif

    Sementara, untuk vaksinasi Covid-19 dosis tahap kedua di Papua Barat baru mencapai angka 21,9 persen atau sebanyak 174.240 orang dari total target sasaran sebanyak 797.402 orang. Cakupan itu dapat dilihat diwebsite dengan alamat, https://dinkes.papuabaratprov.go.id.

    Secara umum, pemerintah menargetkan sasaran vaksinasi Covid-19 sebanyak 797,402 orang atau 70 persen dari jumlah penduduk pada tiap kabupaten/kota untuk mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) di Bumi Kasuari.

    Baca juga:  Hermus Ungkap Kondisi Manokwari: Kumuh, Masih Tertinggal

    Cakupan target itu terdiri atas petugas pelayanan publik, tenaga kesehatan, warga lanjut usia (lansia), masyarakat rentan termasuk ibu hamil, serta masyarakat umum termasuk anak-anak usia 12 sampai 17 tahun.

    Demi memenuhi target vaksinasi, pemerintah bersama aparat penegak hukum, termasuk TNI dan pihak terkait lainnya gencar melaksanakan program vaksinasi Covid-19 massal secara merata di berbagai daerah. Penyuntikan vaksin diberikan dua dosis sebanyak dua kali dalam rentang waktu tertentu.(CP/red)

    Latest articles

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat...

    0
    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus Mancadan untuk maju bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Papua...

    More like this

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat 2024

    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus...

    Wahidin Puarada Terima Surat Tugas DPP PAN Maju Pilgub Papua Barat  

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi menerima surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat Partai...

    Raker Forum Intelektual Risaturi, Kuatkan Sinergi dan Inovasi Antar-Suku di Teluk Bintuni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Forum Intelektual Kuri, Wamesa, Irarutu, Sumuri (Risaturi) Bersatu menyelenggarakan Rapat...