26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Inspektorat Papua Barat Tegaskan Usut Tuntas Dana Hibah Pembangunan GKPMI Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Tim investigasi Inspektorat Provinsi Papua Barat masih melakukan penelusuran dana pembangunan Gedung Gereja Kalvari Pentakosta Misi di Indonesia (GKPMI) jemaat El-Gibbor Manokwari.

    “Sementara dalam proses pembuktian di lapangan yang tentunya proses ini membutuhkan waktu yang cukup. Sehingga bisa diketahui jelas dana hibah yang mencapai Rp1 miliar lebih itu dibelanjakan untuk apa saja. Karena dalam laporan itu ada untuk konstruksi, tetapi juga pembelian satu unit mobil,” kata Sugiyono, Kepala Inspektorat Papua Barat, Senin (1/8/2022).

    Baca juga:  Inspektorat Disorot! Diduga Minta Honorer Cabut Laporan Pemalsuan Dokumen CPNS di Polda PB

    Sugiyono menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan penelusuran hingga tuntas. Pada prinsipnya, kata dia, pemeriksaan yang dilakukan harus sampai tuntas.

    “Namanya investigasi kami tidak mengenal waktu, intinya proses ini sampai selesai baru tim investigasi juga selesai bekerja. Jadi, tetap proses pemeriksaan itu berjalan sampai selesai. Sama halnya dengan kasus-kasus lainnya yang ditangani Inspektorat Papua Barat,” tegas Sugiyono.

    Sebelumnya, eks Sekretaris Inspektorat Papua Barat ini membeberkan pemeriksaan dokumen di lapangan untuk mencocokkan dengan laporan pertanggungjawaban panitia pembangunan GKPMI.

    Baca juga:  Provinsi PBD Segera Diresmikan, Wamendagri: Saatnya OAP Berdaya di Tanah Sendiri

    “Nanti didalami, jika itu hanya nota kosong dan dibuat-buat jelas sudah ada indikasi, nanti apakah ada betul korupsinya atau tidak, nanti setelah pemeriksaan untuk pembuktian itu baru diketahui jelas. Yang jelas kami akan periksa sedetail mungkin, apalagi anggaran ini untuk kepentingan pelayanan gereja dan umat, bukan untuk kepentingan perorangan,” terangnya.

    Baca juga:  Kepala Inspektorat Papau Barat: Wajib Tindak Lanjuti Laporan Masyarakat, Tak Ada Santai-Santai

    Diketahui, panitia pembangunan GKPMI menerima dana hibah APBD Pemprov Papua Barat senilai Rp1.350.000.000 pada TA 2020 dan 2021. Selain itu, juga pada 2021, menerima hibah APBD Pemkab Manokwari senilai Rp100.000.000 untuk acara peresmian. Bahkan, sebelumnya panitia juga telah menerima hibah APBD Manokwari senilai Rp250.000.000.
    Sehingga jika ditotalkan seluruhnya mencapai Rp1.700.000.000.

    Menjadi fokus pemeriksaan tim investigasi Inspektorat Papua Barat adalah alokasi hibah APBD Papua Barat senilai Rp1.350.000.000. (LP2/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...