26.4 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Provinsi PBD Segera Diresmikan, Wamendagri: Saatnya OAP Berdaya di Tanah Sendiri

    Published on

    SORONG, Linkpapua.com – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah Sorong Raya untuk bergotong royong mendukung persiapan peresmian Provinsi Papua Barat Daya. Wempi mengatakan, pemekaran PBD menjadi peluang bagi OAP untuk berdaulat di tanahnya sendiri.

    “Puji Tuhan, ini semua adalah doa dan perjuangan kita semua, sehingga Papua, Provinsi Papua Barat Daya bisa disahkan oleh DPR tanggal 17 November 2022 kemarin. Kita boleh berbangga, bayi (Provinsi Papua Barat Daya) yang baru lahir ini kita harus rawat dia baik-baik,” ujar Wempi pada acara Kunjungan Kerja Wamendagri bersama Anggota Komisi II DPR RI dan Komite I DPD RI dalam rangka Persiapan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Provinsi Papua Barat Daya di Gedung Drs. Ec. L. Jitmau, MM, Kota Sorong, Senin (21/11/2022).

    Baca juga:  Hermus Beri Selamat Provinsi PBD, tapi Minta 4 Distrik Dikembalikan ke Manokwari

    Dia melanjutkan, momentum pemekaran tersebut menjadi langkah penting. Sebab menjadi peluang bagi Orang Asli Papua (OAP) untuk semakin berdaya di atas tanahnya sendiri.

    Selain itu, kata dia, lahirnya kebijakan otonomi khusus (Otsus) agar harapan OAP yang hendak menjadi tuan di negerinya sendiri dapat terwujud. Karena itu, Wempi memacu agar berbagai pihak dapat bersinergi untuk bisa mengangkat harkat, derajat, dan martabat OAP.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Dorong Penyelesaian RTRW, Bentuk Satgas Tertibkan Bangunan Liar

    Wempi tak memungkiri, lahirnya Provinsi Papua Barat Daya menjadi tantangan tersendiri. Namun dirinya percaya, dengan semangat baru dan kerja keras menyeluruh, harapan agar OAP dapat hidup lebih baik dapat diwujudkan.

    Dirinya menambahkan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga berkomitmen melakukan percepatan untuk peresmian Provinsi Papua Barat Daya serta persiapan pelantikan Penjabat Gubernur. Upaya tersebut salah satunya dengan membentuk tim yang berfokus mempersiapkan provinsi baru tersebut.

    “Nah saya berharap proses ini yang sedang kita kerjakan, yang sedang kita jalani ini bisa mempercepat apa yang diinginkan oleh Bapak/Ibu sekalian (kesejahteraan bagi Provinsi Papua Barat Daya),” pungkasnya.

    Baca juga:  DAP Domberay Minta 4 Distrik Induk dan 7 Distrik Pemekaran Dikeluarkan dari DOB PBD

    Adapun pertemuan tersebut dihadiri oleh sejumlah pihak. Di antaranya Anggota Komisi II DPR RI Komarudin Watubun, Wakil Ketua II Komite I DPD RI Filep Wafatma, serta Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw. Selain itu, hadir pula Ketua Tim Percepatan Pemekaran Daerah Otonom Baru Papua Barat Daya Lambertus Jitmau, Penjabat Wali Kota Sorong George Yarangga, Bupati se-Sorong Raya, serta jajaran Forkopimda dan berbagai lapisan masyarakat. (*/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Longsor di Distrik Tahota, Kapolres Mansel Pimpin Evakuasi Material yang Tutup Badan Jalan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Longsor terjadi di Kampung Yarmatun, Distrik Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, Minggu (14/4/2024)....

    Pertamina Patra Niaga Siapkan Stok Avtur Hadapi Arus Balik Lebaran

    JAYAPURA, Linkpapua.com- Konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus...