Rabu, Desember 7, 2022
25.2 C
Manokwari
25.2 C
Manokwari
Rabu, Desember 7, 2022

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

Provinsi PBD Segera Diresmikan, Wamendagri: Saatnya OAP Berdaya di Tanah Sendiri

SORONG, Linkpapua.com – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah Sorong Raya untuk bergotong royong mendukung persiapan peresmian Provinsi Papua Barat Daya. Wempi mengatakan, pemekaran PBD menjadi peluang bagi OAP untuk berdaulat di tanahnya sendiri.

“Puji Tuhan, ini semua adalah doa dan perjuangan kita semua, sehingga Papua, Provinsi Papua Barat Daya bisa disahkan oleh DPR tanggal 17 November 2022 kemarin. Kita boleh berbangga, bayi (Provinsi Papua Barat Daya) yang baru lahir ini kita harus rawat dia baik-baik,” ujar Wempi pada acara Kunjungan Kerja Wamendagri bersama Anggota Komisi II DPR RI dan Komite I DPD RI dalam rangka Persiapan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Provinsi Papua Barat Daya di Gedung Drs. Ec. L. Jitmau, MM, Kota Sorong, Senin (21/11/2022).

Dia melanjutkan, momentum pemekaran tersebut menjadi langkah penting. Sebab menjadi peluang bagi Orang Asli Papua (OAP) untuk semakin berdaya di atas tanahnya sendiri.

Selain itu, kata dia, lahirnya kebijakan otonomi khusus (Otsus) agar harapan OAP yang hendak menjadi tuan di negerinya sendiri dapat terwujud. Karena itu, Wempi memacu agar berbagai pihak dapat bersinergi untuk bisa mengangkat harkat, derajat, dan martabat OAP.

Baca juga:  Disebut Partai Ummat Layak jadi Pj Gubernur PBD, Hammar: Bukan Ranah Saya
Baca juga:  Markus Fatem Ungkap 4 Kekhawatiran yang Akan Dihadapi OAP Pasca-pemekaran PBD

Wempi tak memungkiri, lahirnya Provinsi Papua Barat Daya menjadi tantangan tersendiri. Namun dirinya percaya, dengan semangat baru dan kerja keras menyeluruh, harapan agar OAP dapat hidup lebih baik dapat diwujudkan.

Dirinya menambahkan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga berkomitmen melakukan percepatan untuk peresmian Provinsi Papua Barat Daya serta persiapan pelantikan Penjabat Gubernur. Upaya tersebut salah satunya dengan membentuk tim yang berfokus mempersiapkan provinsi baru tersebut.

“Nah saya berharap proses ini yang sedang kita kerjakan, yang sedang kita jalani ini bisa mempercepat apa yang diinginkan oleh Bapak/Ibu sekalian (kesejahteraan bagi Provinsi Papua Barat Daya),” pungkasnya.

Adapun pertemuan tersebut dihadiri oleh sejumlah pihak. Di antaranya Anggota Komisi II DPR RI Komarudin Watubun, Wakil Ketua II Komite I DPD RI Filep Wafatma, serta Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw. Selain itu, hadir pula Ketua Tim Percepatan Pemekaran Daerah Otonom Baru Papua Barat Daya Lambertus Jitmau, Penjabat Wali Kota Sorong George Yarangga, Bupati se-Sorong Raya, serta jajaran Forkopimda dan berbagai lapisan masyarakat. (*/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here