Jumat, Desember 2, 2022
26.5 C
Manokwari
26.5 C
Manokwari
Jumat, Desember 2, 2022

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

Hadiri Peresmian Tongkonan IKT, Wabup Teluk Bintuni: Simbol Kerukunan Bersama

TELUK BINTUNI, Linkpapua.com – Wakil Bupati (Wabup) Teluk Bintuni, Matret Kokop, menghadiri Mangrara Banua atau peresmian rumah adat tongkonan Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kabupaten Teluk Bintuni di Kampung Tanah Merah, Distrik Bintuni, Sabtu (22/10/2022).

Matret menyampaikan bahwa kehadiran masyarakat Toraja telah banyak membantu pemerintah serta memberikan andil dalam menyukseskan program pembangunan, baik di bidang pemerintahan maupun sektor lainnya.

Dirinya pun mengaku bangga dan memberikan apresiasi atas kehadiran tongkonan yang kini berdiri kukuh di Tanah Merah. “Sukses kepada seluruh masyarakat Toraja di Teluk Bintuni atas selesainya pembangunan tongkonan,” kata Matret.

Dia juga berharap kepada seluruh masyarakat, khususnya Toraja, untuk selalu menjaga kerukunan. “Agar rumah adat ini menjadi simbol kerukunan bersama dengan suku-suku lainnya,” pesannya.

Sementara, Ketua IKT Teluk Bintuni, Martinus Manatin, menyampaikan terima kasih kepada semua keluarga besar Toraja di Teluk Bintuni yang telah membantu pembangunan tongkonan ini.

Baca juga:  Hari Ini Diteken Bupati, Dana Desa Teluk Bintuni Cair
Baca juga:  Hari Ini Diteken Bupati, Dana Desa Teluk Bintuni Cair

“Rumah adat tongkonan adalah kebesaran kerukunan keluarga Toraja yang ada di Teluk Bintuni. Ini ialah salah satu tanda bahwa kebersamaan kami sebagai keluarga Toraja yang ada di Teluk Bintuni. Tongkonan adalah kebutuhan kami keluarga besar Toraja yang akan kami gunakan, baik dalam suka maupun duka,” tuturnya.

Dirinya mewakili masyarakat Toraja juga menyampaikan komitmen untuk selalu berupaya membantu pembangunan di Teluk Bintuni. “Kami keluarga besar Toraja ingin bersama-sama membangun Teluk Bintuni, bersama dengan suku-suku yang lain, terkhusus tujuh suku asli Teluk Bintuni,” ucapnya.

Dia pun berharap agar tongkonan yang dibangun di Tanah Merah untuk dijaga dan dirawat dengan baik. “Saya titipkan bangunan tongkonan ini kepada seluruh masyarakat Teluk Bintuni, terkhusus keluarga Toraja, agar digunakan sebaik-baiknya,” ujarnya. (LP5/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here