27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Wabup Bintuni: KKSS tak Pernah Lelah Merawat Kerukunan dan Toleransi

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com- Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop mengatakan, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) telah berperan penting dalam merawat toleransi. Organisasi ini menjadi bagian kemajemukan dan menguatkan pondasi kerukunan di Teluk Bintuni.

    “Kita semua patut bersyukur bahwa kita memiliki ideologi Pancasila sebagai dasar negara yang berfungsi sebagai pemersatu juga berperan besar sebagai kunci dan pondasi kerukunan bangsa. Ini mendorong sikap persaudaraan yang erat disertai gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat,” ujar Matret saat membuka rapat kerja daerah KKSS Kabupaten Teluk Bintuni 2023, di Gedung Women Center, Distrik Bintuni, Sabtu (25/2/2023).

    Baca juga:  Ketua PWI Teluk Bintuni: Masyarakat Mesti Paham dan Hargai Tugas Jurnalis

    Rakerda mengangkat tema “Merawat Kerukunan dengan Semangat Gotong Royong Warga (KKSS) Mari Kita Tingkatkan Persatuan dan Persaudaraan di Perantauan”.

    Matret mengungkapkan, KKSS menjadi salah satu organisasi yang punya eksistensi di Bintuni. Keberadaannya mencerminkan kuatnya toleransi.

    “Dapat kita lihat secara sederhana pada KKSS yang menjadi wadah bagi begitu banyak suku kerukunan semacam ini. Saya yakini merupakan hasil dari ikhtiar bersama untuk hidup saling menghormati dan tidak memberi ruang bagi tumbuhnya rasa saling curiga dan berkembangnya benih-benih permusuhan,” kata Matret.

    Baca juga:  HAB Ke-78 Kemenag, Wabup Bintuni Ingatkan Pentingnya Moderasi Beragama

    Ia juga memuji komitmen KKSS dalam menjaga soliditas di masyarakat. KKSS menurut Matret tak kenal lelah dalam merawat kerukunan dan toleransi serta membawa semangat gotong royong antarsaudara di Tanah Papua.

    “Upaya-upaya seperti inilah yang membuat kita di Teluk Bintuni dapat menikmati kehidupan bermasyarakat dengan kondusif dan harmonis. Pelaksanaan rakerda tahun 2023 ini saya harapkan dapat menjadi forum evaluasi kegiatan organisasi selama satu tahun dan dapat menyusun program kerja serta tahun 2023. Melalui rakerda ini KKSS Teluk Bintuni dapat lebih aktif merangkul saudara-saudara Sulawesi Selatan serta mengembangkan organisasi ini makin baik ke depan,” pungkas Matret

    Baca juga:  Maju Lagi di Pileg, Caleg Hanura Orpa Tandi Seno Janji Bangun SMA di Tanah Rubuh

    Dalam sambutannya Ketua KKSS Teluk Bintuni Erwin Bedu Nawawi menyampaikan bahwa masyarakat Sulawesi Selatan bilamana di perantauan dapat merawat kerukunan dengan semangat gotong royong. Seperti dalam konteks perantauan ini sangat menghargai tujuh suku asli Bintuni serta menjaga kearifan lokal yang ada di tempat kita berpijak.

    “Sehingga kita bisa bersama-sama bersinergi dengan Tujuh suku serta suku Nusantara lainya untuk membangun kabupaten Teluk Bintuni yang kita cintai,” kata Erwin. (LP2/red)

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Masyarakat dan Legislator DPRD Manokwari Selatan Palang Kantor BPKAD

    MANSEL, LinkPapua.com - Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari Selatan...

    Nobar Final Liga Champions 2024, PRMI Manokwari Tawarkan Doorprize Menarik

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pena Real Madrid de Indonesia (PRMI) akan mengadakan acara nonton bareng...