Rabu, Agustus 4, 2021
27.1 C
Manokwari
27.1 C
Manokwari
Rabu, Agustus 4, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

98,889
Total Kematian
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 11:30 11:30 am
524,142
Total Kasus Aktif
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 11:30 11:30 am
3,496,700
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 11:30 11:30 am

Dr. Indrayani, S.Pi., M.Si., Doktor Ilmu Perikanan dan Kelautan dari Salassae

BULUKUMBA, Linkpapua.com Dr. Indrayani, S.Pi., M.Si., perempuan kelahiran Salassae, Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan Tahun 1986 yang merupakan dosen di FPIK Universitas Halu Oleo kendari dan Putri pertama dari pasangan H Abd. Halim, S.Pd dan Hj. Nurbaya, S.Pd berhasil meraih gelar doktor di bidang keilmuan Manajemen dan Teknologi Perikanan Tangkap setelah menyelesaikan ujian akhir Program Doktor Ilmu Perikanan dan Kelautan dari Universitas Brawijaya Malang, Kamis (15/7/2021).

Disertasi Indrayani mengkaji Distribusi Spasial dan Temporal Ikan terbang (Exocoetidae) di perairan Selat Makassar.

Dari penelitian yang dilakukannya didapatkan beberapa temuan diantaranya; sembilan spesies ikan terbang Exocoetidae berdasarkan konfirmasi genetik yang pertama di Indonesia.

Selain itu, ada dua jenis ikan yang merupakan temuan pertama di Selat Makassar yaitu ikan jenis Cypselurus callopterus dan Cheilopogon spilonotopterus yang awalnya hanya ada di perairan Meksiko, perairan Ekudor, dan perairan Bengala India.

Ketiga, Model analisis peta habitat suitability index dan peta general additive model mampu menentukan wilayah potensial ikan terbang Exocoetidae di perairan selat Makassar.

Dan keempat, model analisis peta upwelling berdasarkan parameter lingkungan yakni suhu permukaan laut, klorofil a, angin dan hasil tangkapan ikan terbang tiap bulan di tahun 2019 mampu menjelaskan keterkaitan keberadaan dan jumlah tangkapan ikan terbang Exocoetidae di perairan Selat Makassar.

“Hasil temuan ini dapat digunakan oleh dunia akademisi dalam mengetahui jenis ikan terbang yang tepat di Selat Makassar,” kata Dr. Ela (sapaan Dr. Indrayani) usai promosi Doktor di Grand 99 yang dilakukan secara virtual.

Lebih lanjut dikatakannya, hasil temuan ini dapat menjadi acuan untuk digunakan oleh para nelayan dalam mengetahui lokasi yang tepat untuk melakukan kegiatan penangkapan ikan terbang di perairan Selat Makassar.

Adapun supervisor (promotor) Dr. Indrayani selama menempuh kuliah di Universitas Brawijaya adalah Dr. Ir. DGR Wiadnya, M.Sc (Dosen PSP FPIK UB), Dr. Eng. AB Sambah, S.Pi., MT (Dosen PSP FPIK UB), A Kurniawan, S.Pi., M.Eng., D.Sc (Dosen MSP FPIK UB).

Dan Guest Examiner Dr. Mukti Zainuddin, S.Pi., M.Sc (Dosen PSP FIKP UNHAS), Serta Examiner Ir. Aida Sartimbul, M.Sc., Ph.D (Dosen IK FPIK UB), Dr. Ir. Gatut Bintoro, M.Sc. (Dosen PSP FPIK UB) dan Dr. Agung Pramana WM, M.Si (Dosen Biologi FMIPA UB). (Rls/Red)

Latest news