26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    DLHP Manokwari Rangkul Komunitas Jaga Lingkungan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) ingin makin intens melibatkan komunitas dalam menjaga lingkungan.

    Dalam Festival Tanaman Hias yang berlangsung di halaman kantor bupati lama sejak Senin (13/6/2022) lalu, penyelenggara telah melibatkan komunitas melalui diskusi untuk membicarakan solusi tata kelola lingkungan di Manokwari.

    Baca juga:  Karya Bakti Pos Ramil Manokwari Barat Kuatkan Karakter Cinta Tanah Air Generasi Milenial

    “Diskusi melibatkan 41 komunitas peduli lingkungan hidup Manokwari yang sudah menyatakan komitmen bersama,” kata Johanes Ada’ Lebang, ketua pelaksana Festival Tanaman Hias, Kamis (16/6/2022). Beberapa persoalan tertampung dalam diskusi ini, seperti ruang terbuka hijau (RTH) dan taman kota.

    Saat inipun telah terdata beberapa komunitas di DLHP Manokwari, yakni Komunitas Anak Air Manokwari, Mapala UNIPA, Komunitas Siang, Relawan Lingkungan Manokwari, Ecodefender, Komunitas Pelampar, Ketapang Diving Yeho Garden, Taman Afiya, Kandang Kembang Bumi, Rumah Bunga Maryam, Jia Florist, Malika Garden, dan Garden Seribu Bintang Florist.

    Baca juga:  Pj Gubernur Papua Barat Ingatkan Soal Anggaran Pilkada, Pemkab Manokwari Alokasikan Rp60 Miliar

    “Komunitas yang terdata akan diakomodir dalam program kerja pada Dinas Lingkungan Hidup pada bidang pengendalian pencemaran, pengelolaan keanekaragaman hayati, dan pengaduan lingkungan sehingga ada kebijakan untuk tahun mendatang,” tuturnya.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari Susun Ranperda tentang Pengelolaan Pasar

    Setelah komunitas terdata, kata dia, pihaknya akan berupaya untuk mendorong ke kementerian untuk mendapatkan anggaran pembinaan setiap komunitas.

    Selain komunitas, juga akan melibatkan pelaku usaha. Dana corporate social responsibility (CSR) dari setiap perusahaan di Manokwari akan digunakan dalam pengelolaan lingkungan. (LP8/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...

    Antisipasi Kepadatan Arus Balik, 3 Pos Pengamanan Diaktifkan di Kota Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Aparat menempatkan tiga pos pengamanan di dalam Kota Manokwari untuk mengantisipasi kepadatan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...