26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Dinas Ketahanan Pangan Akui Pangan Lokal Papua Barat Terkendala Pemasaran

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Provinsi Papua Barat sesungguhnya punya kekayaan sumber daya alam (SDA) melimpah, termasuk pangan. Tiap kabupaten/kota punya produk unggulannya masing-masing. Hanya, potensi itu terkendala di pemasaran.

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan Papua barat, Lasarus Ullo, pun mengakui itu. Menurutnya, hingga saat ini pasar masih menjadi kendala pangan lokal di Bumi Kasuari yang kini tengah dikembangkan.

    Baca juga:  Ratusan Rumah Rusak Akibat Banjir Sorong, Waterpauw Minta Dinas PUPR Koordinasi TNI/Polri

    Menurut Lasarus, pasar merupakan masalah utama pangan lokal. Makanya, saat ini lahan tidur diminta untuk dikelola demi meningkatkan pangan lokal dalam menghadapi krisis pada masa pandemi Covid-19.

    “Perlu ada inovasi dalam memasarkan pangan lokal. Misalnya, yang biasa keladi direbus bisa dipasarkan dengan dibuat keripik sehingga produk lokal yang sebelumnya tidak diminati masyarakat bisa menjadi kesukaan masyarakat,” kata Lasarus kepada wartawan, Jumat (1/7/2022)

    Baca juga:  Pimpin Sertijab, Kapolda Papua Barat Ucapkan Selamat dan Harapan ke Empat Kapolres Baru

    Kata Lasarus, kabupaten/kota di Papua Barat masing-masing memiliki produk lokal unggulan. Misalnya, di Fakfak ada pala, Manokwari Selatan kaya akan pisang, keladi, hingga cokelat, serta keunggulan di daerah lainnya.

    Namun, produk lokal ini, kata dia, belum bisa menembus pasaran. Hal ini karena masih minimnya industri yang mengolah pangan lokal ini. Selain masalah utama soal pemasaran, persoalan lain yang mendasar untuk masyarakat, yakni transportasi dan listrik.

    Baca juga:  Dominggus Sampaikan Duka Atas Laka Maut di Pegaf: Ini Kecelakaan Terbesar

    “Transportasi ini sampai saat ini juga menjadi kendala. Listrik juga menjadi kendala karena masyarakat tidak bisa mengawetkan makanan lokal menggunakan pendingin,” ungkapnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...